Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Zona VI Resmi Ditutup, Kuota Perempuan Belum Terpenuhi

Berita5 Dilihat

Fordem.id – Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Zona VI resmi ditutup, namun kuota keterwakilan perempuan belum terpenuhi, Rabu 7 Juni 2023.

“Kami mendapatkan laporan dari petugas sekretariat bahwa kuota perempuan hampir pasti belum terpenuhi. Ini berlaku untuk semua kabupaten di zona 6.” Kata Ketua Tim Seleksi (Pansel) Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Dr Oedjijono Msc.

Dia menjelaskan, pendaftar dari kalangan perempuan di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara masih minim.

“Padahal sesuai aturan kuota perempuan seharusnya 30 persen dari pendaftar yang masuk,” katanya.

Baca Juga:  Materi Tes Wawancara Calon Anggota Bawaslu, Penentu Lolos 10 Besar!

Disampaikan, jumlah pendaftar perempuan di Kabupaten Banyumas berjumlah 12 orang, Kabupaten Cilacap 5 orang, Kabupaten Purbalingga 9 orang dan Kabupaten Banjarnegara 7 orang.

Kondisi tersebut menurutnya memungkinkan proses pendaftaran akan diperpanjang.

“ Sesuai pedoman pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota, apabila kuota perempuan belum terpenuhi maka pendaftaran akan diperpanjang selama tiga hari,” ungkapnya.

Dia menyampaikan pengumuman perpanjangan pendaftaran akan diumumkan dilakukan pada Senin, 12 Juni 2023. Masa perpanjangan akan dimulai Selasa hingga Kamis 15 Juni.

“Ini kesempatan bagi pendaftar perempuan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Bawaslu kabupaten/kota,” terangnya.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Banyumas, Alokasi Kursi dan Dapil

Mengenai berkas pendaftaran, ada yang dikirimkan secara langsung ke kantor sekretariat Timsel di Jl Brigjen Encung No 8 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.

Selain itu ada juga yang dikirimkan melalui pos kilat khusus yang juga paling lambat dikirimkan hari ini cap pos.

“Data yang diterima sekretariat Timsel Zona 6 menyebutkan persentase pendaftar perempuan Kabupaten Banyumas baru 21,05 persen, Kabupaten Cilacap 13,36 persen, Kabupaten Purbalingga 19,57 persen dan kabupaten Banjarnegara 15,56 persen,” tuturnya.

Seperti diberitakan, Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI ) membuka pendaftaran untuk pengisian calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028.

Baca Juga:  Daftar Pemilih Sementara di Pati untuk Pemilu 2024

Pendaftaran mulai 29 Mei sampai 7 Juni 2023 dan terbuka bagi masyaraat umum yang telah memenuhi persyaratan. Anggota Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota berjumlah lima orang.

Untuk pendaftaran calon anggota Bawaslu zona 6, formulir berkas pendaftaran dapat diperoleh sekretariat Tim Seleksi yang berada di Jl Brigjen Encung No 8 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *