Pengumuman 10 Besar Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Dijadwalkan Besok

Berita125 Dilihat

Fordem.id – Pengumuman 10 besar Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2023-2028 Zona 6 yang meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga dijadwalkan besok Selasa, 25 Juli 2023.

Sebelumnya, mereka telah menjalani tes wawancara dan tes kesehatan.

“Dari 20 peserta di masing-masing kabupaten yang mengikuti tes kesehatan dan tes wawancara akan diambil 10 nama atau 10 besar yang lolos kedua tes tersebut. Nantinya 10 nama ini akan diseahkan ke Bawaslu RI untuk disaring lagi menjadi 5 orang sebagai calon anggota Bawaslu zona 6 terpilih,” kata Ketua Timsel calon anggota Bawaslu Zona 6, Dr Oedjijono MSc, Senin (24/7/2023) petang.

Baca Juga:  Refleksi Hari Kemerdekaan RI, UMKM Serap 93 Persen Tenaga Kerja

Dari proses tes wawancara, ternyata tiga pendaftar tidak hadir. Masing-masing dua orang dari kabupaten Banjarnegara dan satu orang dari kabupaten Purbalingga.

Disampaikan Timsel yang juga beranggotakan Dr Saliyo SAg Msi (Dosen UIN Kudus), Joko Santoso SSi (Ketua PWI Purbalingga), Dr KH Fathul Aminudin Aziz MM (Dosen UIN Purwokerto) dan Dr Sarbini MAg ( Dosen UIN Surakarta) telah melaksanakan rapat pleno untuk menetapkan 10 nama yang memiliki nilai terbaik di tes wawancara.

“ Hasil tes wawancara akan dipadukan dengan hasil tes kesehatan untuk menetapkan 10 besar nama calon anggota Bawaslu zona 6,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sukses Besar Jambore Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyah di Purbalingga: Membangun Ukhuwah Islamiah dan Menggali Potensi Anak Asuh

Dia menjelaskan, tes wawancara dibagi untuk peserta masing-masing kabupaten. Pada hari pertama Selasa (18/7/2023) bagi 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Banjarnegara.

Selanjutnya pada Rabu (19/7/2023) untuk 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas.

“Sehari kemudian untuk 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Cilacap dan keesokan harinya untuk 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga,” paparnya.

Mengenai materi tes wawancara di antaranya penguasaan materi dan strategi pengawasan Pemilu, integritas, kemampuan komunikasi dan kualitas kepemimpinan.

Selain itu juga pengetahuan muatan lokal dan tata Kelola Pemilu inklusif serta visi-misi dan gagasan.

Baca Juga:  DPS Pemilu 2024 di Kabupaten Pekalongan

“Sesuai jadwal tahapan, jika tidak ada aral melintang pengumuman 10 besar akan disampaikan besok di website Bawaslu Zona 6. Kita tunggu saja karena pengumuman akan disampaikan langsung oleh Bawaslu RI,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *