Bersaing Menuju 20 Besar, Pelamar Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Ikuti Tes Psikologi

Berita79 Dilihat

Fordem.id – Pelamar calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) zona 6 mengikuti tes psikologi, Rabu 5 Juli 2023. Kegiatan tersebut dipusatkan di sejumlah lokasi di Semarang.

Tahapan tes tersebut merupakan rangkaian menuju penetapan 20 nama calon anggota Bawaslu di zona tersebut.

“Mereka yang mengikuti tes psikologi, meliputi pendaftar dari Kabupaten Banyumas sebanyak 69 orang, Kabupaten Banjarnegara 48 orang, Kabupaten Cilacap 38 orang dan Kabupaten Purbalingga 49 orang. Kami bekerja sama dengan Mabes Polri untuk melaksanakannya,” kata Ketua Tim Seleksi calon anggota Bawaslu Zona 6 yang meliputi Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Cilacap dan Purbalingga, Dr Oedjijono MSc.

Baca Juga:  Menjembatani Deprivasi di Kota: Tantangan dan Peluang Gerakan Sosial Profetik

Disampaikan tes psikologi merupakan lanjutan tahapan setelah pelamar menjalani tes tertulis. Sebelumnya para pelamar yang masuk juga diverifikasi berkas pendaftarannya.

“Dari hasil tes tertulis melalui CAT dan tes psikologi akan ditetapkan 20 nama di masing-masing kabupaten/kota. Mereka yang akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya,’ ungkapnya.

Rencananya pengumuman 20 nama yang lolos tes tertulis dan psikologi akan diumumkan pekan depan. Mereka selanjutnya akan menjalani tes Kesehatan dan tes wawancara.

“Dari 20 besar ini akan disaring lagi menjadi 10 besar untuk dibawa ke Bawaslu RI,” katanya lagi.

Baca Juga:  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Purbalingga Kulon Melakukan Aksi Penanaman Pohon untuk Kelestarian Alam

Selanjutnya, Bawaslu RI memilih lima nama sebagai calon anggota Bawaslu kabupaten/kota terlantik. Pelantikan kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. (Ikhwan M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *