Materi Tes Wawancara Calon Anggota Bawaslu, Penentu Lolos 10 Besar!

Berita121 Dilihat

Fordem.id – Calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2023-2028 Zona 6 yang lolos tes tertulis dan psikologi mengikuti tahapan tes wawancara.

Tahapan ini dilakukan untuk menentukan 10 besar calon anggota Bawaslu di zona tersebut. Tes wawancara dilaksanakan secara marathon mulai Selasa (18/7/2023) hingga Jumat (21/7/2023).

“Tahapan ini diikuti calon anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara dan Purbalingga dilaksanakan di sekretariat Timsel Calon Anggota Bawaslu Zona 6 di, Jl Brigjen Encung No 8 Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas,” kata Ketua Timsel, Dr Oedjijono Msc, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga:  Nama Calon Anggota Bawaslu Terpilih Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Banyumas

Dia menjelaskan, tes wawancara dibagi untuk peserta masing-masing kabupaten. Pada hari pertama Selasa (18/7/2023) diperuntukkan bagi 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Banjarnegara.

Selanjutnya pada Rabu (19/7/2023) untuk 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas. “Sehari kemudian untuk 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Cilacap dan keesokan harinya untuk 20 calon anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga,” paparnya.

Mengenai materi tes wawancara diantaranya penguasaan materi dan strategi pengawasan Pemilu, integritas, kemampuan komunikasi dan kualitas kepemimpinan. Selain itu juga pengetahuan muatan lokal dan tata Kelola Pemilu insklusif serta visi-misi dan gagasan.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Magelang, Alokasi Kursi dan Dapil

‘Sebelum mengikuti tes wawancara, 20 besar calon anggota Bawaslu Zona 6 juga telah mengikuti tes Kesehatan di Semarang,” terangnya.

Dari hasil tes kesehatan dan wawancara akan diambil 10 nama dari masing-masing kabupaten untuk dikirimkan ke Bawaslu RI.

Nantinya Bawaslu RI yang akan menentukan lima nama sebagai calon anggota Bawaslu terpilih. “Pelantikan anggota Bawaslu kabupaten/kota kemungkinan akan dilaksanakan Agustus 2023,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *