Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Purbalingga Kulon Melakukan Aksi Penanaman Pohon untuk Kelestarian Alam

Berita255 Dilihat

Fordem.id – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kelurahan Purbalingga Kulon uisai di lantik memberikan aksi nyata komitmen mereka terhadap kelestarian alam dengan melaksanakan aksi penanaman pohon di area lapangan Kelurahan Purbalingga Kulon pada Kamis, (25/01/2024). Sebanyak 56 anggota KPPS berpartisipasi dalam kegiatan ini, hal ini dilakukan sebagai langkah awal dalam rangka Pemilu 2024.

Panitia Pengumutan Suara (PPS) setempat mewajibkan seluruh anggota KPPS menanam satu bibit pohon. Tindakan ini diambil sebagai respons terhadap fakta bahwa perhelatan Pemilu 2024 membutuhkan sekitar 65.998 ton kertas, yang berasal dari pohon yang ditebang.

Baca Juga:  Pengumuman 20 Besar Calon Anggota Bawaslu, Ini Tahapan Selanjutnya!

Tamtomo, Ketua PPS Purbalingga Kulon, menyatakan bahwa penanaman pohon ini adalah bentuk konkret dari komitmen para penyelenggara pemilu terhadap kelestarian alam. Menurut pernyataanya kegiatan serupa juga dilakukan secara bersama oleh penyelenggara pemilu di seluruh Indonesia.

“Kami menyadari bahwa sebagian besar logistik pemilu menggunakan kertas, yang berpotensi merugikan kelestarian alam. Oleh karena itu, penanaman pohon secara serentak ini adalah upaya nyata kami untuk ikut serta dalam menjaga keberlanjutan lingkungan,” ungkapnya.

Putri Anggita Sari, anggota PPS divisi SDM Kelurahan Purbalingga Kulon, menegaskan pentingnya terus bergerak dalam menjaga lingkungan. “Kami harus berupaya sungguh-sungguh untuk menyelamatkan lingkungan,” katanya.

Baca Juga:  SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga Buka Mapeta Hizbul Wathan

Sementara itu Marlina Purwaningsih, Sekretaris Kelurahan Purbalingga Kulon, memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, ia menyatakan kegiatan ini sebagai langkah konkret dan kolektif dalam menjaga alam. “harapan saya, kegiatan ini bukan hanya di lakukan pada momen tertentu saja, melainkan merupakan langkah konkret dan konsisten dalam menjaga alam yang harus menjadi komitmen kita bersama” Kata Marlina.

Aksi ini mencerminkan kesadaran kolektif bahwa sebagai mahluk yang bertanggung jawab atas bumi, langkah-langkah nyata perlu diambil untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan alam. Upaya seperti penanaman pohon oleh KPPS Purbalingga Kulon menjadi inspirasi positif dalam mendukung kelestarian alam. *** (Formanes Syah Akbara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *