Strategi Digital Memperkuat UMKM: Inspirasi dari Seminar Komunikasi Bisnis ITBMP

Ekonomi28 Dilihat

Fordem.id – Himpunan Mahasiswa Bisnis Digital ITBMP sukses menggelar Seminar Komunikasi Bisnis dengan tema “Strategi Digital untuk Meningkatkan Omset UMKM di Era Digital” di gedung dakwah Muhammadiyah pada hari Sabtu (22/7/2024). Acara yang mendapatkan dukungan penuh dari Rektor ITBMP, Dr. Ap Rudianto, SPD, MSI, ini bertujuan memberikan wawasan mendalam kepada para peserta tentang dunia bisnis di era digital yang semakin berkembang.

Dalam era globalisasi yang semakin maju, tantangan dalam dunia industri bisnis semakin kompleks. Menghadapi revolusi industri 4.0 dan menuju industri 5.0, semakin banyak individu dan mahasiswa yang berlomba-lomba untuk menjadi pengusaha sukses. Melihat fenomena ini, Himpunan Mahasiswa Bisnis Digital ITBMP mengambil langkah proaktif dengan menyelenggarakan seminar bertema strategi digital.

Baca Juga:  Festival Kethongan di Purbalingga Berlangsung Meriah

Narasumber yang dihadirkan dalam seminar ini adalah Novi Bayu Darmawan, seorang ahli dalam bidang bisnis digital yang telah sukses menjadi founder dan CEO komercel yang merupakan wajah baru dari kampung marketer Purbalingga. Kehadirannya diharapkan dapat memberikan inspirasi dan informasi berharga bagi peserta tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dan strategi digital untuk meningkatkan omset dan daya saing UMKM di Purbalingga.

Dalam seminarnya, Novi Bayu Darmawan mengatakan, “Kita tidak bisa lagi mengabaikan peran teknologi digital dalam bisnis. Perubahan paradigma dan gaya hidup masyarakat di era digital harus menjadi dasar bagi mahasiswa dan pelaku UMKM Purbalingga untuk mengembangkan strategi yang tepat guna meningkatkan omset dan memperluas jangkauan pasar.”

Rektor ITBMP, Dr. Ap Rudianto, SPD, MSI, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini, “Seminar ini menjadi bagian penting dari upaya kampus dalam menghadapi era digital dan memberikan kontribusi pada proses pengabdian kampus Terhadap masyarakat. Lebih dari itu Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus siap menghadapi perubahan dunia bisnis yang semakin cepat dan dinamis.”

Baca Juga:  Pentingnya Customer loyalty dalam Bisnis

Para peserta yang hadir dalam seminar ini terdiri dari mahasiswa ITBMP, siswa SMK/SMA, dan juga dari penggiat UMKM di Purbalingga. Mereka diajak untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman dalam menghadapi tantangan dan peluang di era bisnis digital. Semangat inovasi dan kreativitas yang dipupuk melalui seminar ini diharapkan akan mendorong lahirnya ide-ide brilian yang dapat diterapkan dalam dunia wirausaha.

Ketua panitia seminar, Zainal Amirulloh, menyatakan, “Kami berharap para peserta dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang strategi digital dan mampu mengaplikasikannya secara tepat dalam bisnis. Kami percaya, keberhasilan UMKM dalam menghadapi perubahan zaman akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.”

Baca Juga:  Sifat-sifat Wajib Bagi Seorang Wirausaha

Seminar “Strategi Digital untuk Meningkatkan Omset UMKM di Era Digital” ini menjadi langkah awal yang tepat untuk menghadapi tantangan dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif dan digital. Semoga hasil dari seminar ini mampu menginspirasi dan memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan UMKM di era yang serba digital ini. Semangat inovasi dan kolaborasi akan terus diperlukan untuk membawa bisnis dan perkembangan teknologi ke arah yang lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *