Banjir Konten Politik, Dua Bacapres Naik Haji

Berita75 Dilihat

Fordem.id – Penyelenggaraan haji 1444 Hijriah memiliki nuansa berbeda. Tidak lain dikarenakan karena dua bakal calon Presiden (bacapres) sama-sama tengah berhaji.

Bila biasanya, berita-berita yang muncul adalah seputar penyelenggaraan jemaah haji saja, namun kali ini fokus pemberitaan haji banyak berpusar antara aktivitas dua bacapres tersebut.

Khususnya ramai di berita online dan media sosial yang beragam konten pernak-pernik menyorot seputar kedua orang tadi.

Musim haji tahun ini berselang sekitar 8 bulan menjelang hari pemungutan suara Pemilu 2024. Sehingga cukup dipahami, keberangkatan mereka ke tanah suci turut menyedot perhatian.

Anies dan keluarga berangkat haji pada 22 Juni 2023, sedangkan Ganjar berangkat pada 25 Juni 2023. Semoga keduanya senantiasa mendapat lindungan Allah SWT, dilancarkan ibadah dan kembali ke tanah air dengan selamat. Aamiin.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Boyolali, Alokasi Kursi dan Dapil

Pengamatan singkat saya, media sosial terasa riuh dengan banyaknya konten politik menyangkut akvitas berhaji kedua tokoh tersebut. Untuk membuktikan, saya iseng-iseng melakukan riset kecilan.

Melalui mesin peramban Google, saya ingin menghitung berapa banyak berita/konten seputar dua bacapres tersebut. Agar fair, saya menggunakan kata kunci yang sama yakni : Anies Berangkat Haji dan Ganjar Berangkat Haji.

Waktu pengamatan saya lakukan di hari Rabu (28/6). Saya lakukan dua kali pengambilan sampel, yakni selepas magrib yakni pukul 18.40 – 18.44 WIB, dan menjelang tengah malam yakni pukul 22.04-22.08 WIB

Hasilnya pada pukul 18.40-18.44 WIB, Google menemukan untuk kata kunci Anies Berangkat Haji ditemukan sekitar 7.670.000 hasil (0,34 detik). Adapun untuk Ganjar Berangkat Haji ditemukan sekitar 7.060.000 hasil (0,29 detik).

Baca Juga:  Pemilu 2024 di Kabupaten Magelang, Ini Informasi Dapil dan Kursi DPRD

Pada pengamatan kedua, pada pukul 22.04-22.08 WIB Google menemukan untuk kata kunci Anies Berangkat Haji ditemukan sekitar 11.900.000 hasil (0,36 detik).

Kemudian untuk Ganjar Berangkat Haji ditemukan sekitar 7.750.000 hasil (0,30 detik). Dari angka tersebut, dapat diketahui bahwa konten politik terkait aktivitas berhaji kedua tokoh tersebut sangat banyak dan mudah ditemukan.

Belum lagi bila mengamati lalu lintas percakapan di Twitter. Dari kasat mata, di linimasa Twitter cukup banyak percakapan dari netizen yang mengupload konten pernak-pernik tentang aktivitas haji kedua tokoh tersebut. Postingan terpantau sesuai ‘selera’ masing-masing.

Maksudnya, ada yang memuji salah satu bacapres, serta ada yang menyerang bacapres yang berseberangan. Cukup ramai di jagad online.

Baca Juga:  Anak Muda Sukseskan Pemilu 2024

Salah satu yang ramai mendapat komentar adalah soal foto pertemuan antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di ruang makan. Foto yang dishare oleh Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa ini disebut peristiwa yang tidak sengaja/kebetulan.

Dari foto ini, terkesan suasana yang sejak tatkala melihat kedua tokoh bacapres ini bisa bertemu, senyum, dan berfoto bersama keluarga. Foto dimaksud saya unggah di sini.

Kita sama-sama berharap, aktivitas berhaji kedua tokoh ini khusyuk, lancar dan dimudahkan. Serta sama-sama berdoa di Mekkah, tahapan Pemilu 2024 mendatang berjalan lancar, aman, dan demokratis. Saya yakin, keduanya berdoa untuk yang terbaik bagi tanah air kita, Indonesia. Aamiin. (Hanan Wiyoko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *