Sukses Besar Jambore Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyah di Purbalingga: Membangun Ukhuwah Islamiah dan Menggali Potensi Anak Asuh

Berita371 Dilihat

Fordem.id – Pelaksanaan Jambore Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyah Purbalingga yang berlangsung di MTs Muhammadiyah Bukateja yang di laksanakan pada tanggal 23-24 Desember 2023 berjalan dengan sukses. jambore ini dihadiri oleh 7 panti asuhan Muhammadiyah dan 1 panti Aisyah se-Purbalingga, yang melibatkan 200 anak asuh. Melihat kesuksesan itu, panitia berencana menggelar kembali kegiatan yang sama di tahun mendatang.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purbalingga, H. Suparna, menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan yang memberikan inspirasi bagi anak-anak panti asuhan. Sebagai alumni panti asuhan Mandhisiwi Purbalingga, H. Suparna berbagi pengalaman hidupnya untuk memberikan semangat kepada anak-anak panti.

“Apalagi selama ini sebagian dari mereka merasa minder, jika harus bergaul dengan anak sebayanya. Hal itu tidak boleh berlarut, karena bagaimanapun juga anak-anak panti asuhan merupakan generasi penerus bangsa yang berhak untuk mengisi kemerdekaan” ungkapnya.

Baca Juga:  Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024 di Tegal

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PDM Purbalingga, Dr. Moh. Arifin, dalam sambutanya dia memberikan apresiasi tinggi terhadap panitia dan menekankan pentingnya kegiatan semacam ini dalam membangun jaringan solid antar panti asuhan serta memberikan dorongan positif bagi anak-anak. “ saya mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada PK IMM Abu Dardiri Purbalingga, yang menjadi panitia pelaksana kegiatan jambore panti asuhan” kata Arifin.

Sementara itu Soleman, Selaku Ketua Panitia, menyampaikan bahwa kegiatan jambore ini adalah hasil kolaborasi MPKS PDM Purbalingga dan PK IMM Abu Dardiri Purbalingga. Acara ini bukan hanya tentang kolaborasi, tetapi juga menghadirkan petualangan kecil bagi setiap anak yang turut serta.

Baca Juga:  Daftar Pemilih Sementara di Klaten untuk Pemilu 2024

“Saya mewakili dari rekan-rekan panitia berharap di awali dari kegiatan ini, kedepanya dapat memunculkan kegiatan-kegiatan serupa untuk mengatasi isu-isu kesejahteraan anak-anak panti secara menyeluruh” kata soleman.

Dengan tema “Kembangkan Potensi, Wujudkan Prestasi dalam Pembaruan Ukhuwah Islamiah,” kegiatan ini bertujuan menciptakan momen membangun ukhuwah Islamiah dan mendukung perkembangan potensi anak-anak panti. Lomba seperti sambung ayat, adzan, khitobah, kaligrafi, dan pentas seni memberikan wadah bagi peserta untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka.

Selain itu, acara ini di lanjutkan dengan kegiatan Stadium General yang diisi oleh Marsama TNI Jamingun, S.H., M.H., dengan tema “Langit Bersama Bintang Menapaki Jejak Ketinggian,” memberikan inspirasi melalui perjalanan hidupnya semasa di panti asuhan. Sasarasehan juga menjadi wadah untuk meresapi keunikan setiap panti melalui video profil dan berdiskusi tentang peran panti asuhan dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Baca Juga:  SMP N 1 Kemangkon Gandeng KPU dalam Pemilihan Ketua OSIS

Di temui di lokasi acara, Fajar Dwi Anugrah, Ketua PK IMM Abu Dardiri Purbalingga, menyuarakan rasa terima kasih dan menyoroti esensi nilai humanis yang ditanamkan dalam kegiatan ini. Dia berbicara tentang keindahan memberi dan menerima, serta pentingnya bersatu untuk menciptakan perubahan positif. “Semoga kegiatan semacam ini mampu merespon perubahan kompleks dalam dinamika perkembangan sosial dan teknologi di dunia panti” kata fajar.

Semoga keberhasilan Jambore Panti Asuhan ini menjadi pendorong untuk menggelar kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang, terus memperkuat ukhuwah Islamiah, dan memberikan dukungan maksimal bagi perkembangan potensi anak-anak panti. *** (Formanes Syah Akbara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *