Tempat Tes TOEFL yang Diakui ETS

Pendidikan78 Dilihat

Fordem.id – Tes TOEFL memiliki peranan penting di berbagai bidang. Seperti dalam bidang pendidikan, hasil tes digunakan sebagai syarat lulus atau wisuda. Sedangkan dalam pekerjaan, banyak perusahaan yang menjadikan hasil tes sebagai salah satu kualifikasi yang harus terpenuhi.

Lalu bagaimana cara mengikuti tes TOEFL? Kamu bisa mengikuti tes TOEFL di lembaga yang sudah diakui oleh ETS. Tes TOEFL yang diakui ETS merupakan standar terbaik dalam mengikuti tes.

ETS merupakan sebuah lembaga pendidikan swasta yang berfokus pada pengembangan, pengelolaan dan juga penilaian tes seperti TOEFL, GRE, TOEIC dan Praxis Series yang setiap tahun menilai lebih dari 50 juta ora di seluruh dunia. Educational Testing Service atau ETS ini sudah berdiri sejak tahun 1947 yang berpusat di Princeton, New Jersey Amerika.

Selain mengembangkan pengujian yang berstandar Internasional, ETS juga melakukan penelitian, analisis dan juga menyediakan layanan tambahan seperti sertifikasi pendidik. Lembaga pendidikan ETS ini memiliki karyawan hingga 3.200 orang yang merupakan tenaga terlatih dan memiliki keahlian sesuai dengan bidangnya.

Hampir semua yang tergabung dalam lembaga ini merupakan orang penting dalam dunia pendidikan yang memiliki gelar Magister dan Doktor. ETS memiliki misi memajukan mutu pendidikan dan kesetaraan pendidikan dalam bentuk penilaian yang jujur dan valid.

Ciri-ciri Lembaga yang Diakui ETS

Tes TOEFL yang diakui ETS bisa melalui lembaga yang memang ditunjuk langsung sebagai penyedia layanan penilaian. Untuk mengetahui hal tersebut, bisa dibuktikan dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Memiliki logo resmi ETS

Lembaga yang diakui oleh ETS adalah lembaga yang memang bekerja sama dengan ETS dibuktikan dari logo resmi ETS. Sertifikat TOEFL yang dikeluarkan lembaga tersebut terdapat logo ETS. Itu merupakan ciri-ciri paling umum dan mudah diketahui.

Baca Juga:  Cara Cepat Belajar Vocabulary

Namun perlu diingat, kamu juga perlu mencari referensi di internet, apakah memang benar lembaga tersebut memang ditunjuk oleh ETS atau hanya sekedar menggunakan logo saja.

  1. Hasil tes dicetak beberapa lembar

Selain memiliki logo resmi,lembaga yang diakui ETS juga mencetak hasil dari tes TOEFL dalam beberapa lembar. Biasanya lebih dari 2 lembar, yang meliputi hasil tes dan juga sertifikat. Jadi misalkan kamu mengikuti tes TOEFL dan hanya mendapatkan satu lembar saja, maka dapat disimpulkan lembaga tersebut bukan lembaga yang diakui oleh ETS.

  1. Proses lebih lama

Kemudian ciri-ciri berikutnya adalah proses hasil tes keluar cenderung lebih lama bisa sampai 2 Minggu. Lembaga yang diakui oleh ETS membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam mengumumkan atau mengeluarkan hasil tes TOEFL serta sertifikat.

Itulah beberapa ciri-ciri lembaga yang diakui ETS. Mengikuti tes TOEFL yang diakui ETS akan memiliki standar yang lebih tinggi dan hasil tes serta sertifikasi bisa digunakan di berbagai negara karena sudah diakui.

Khususnya buat kamu yang ingin melanjutkan studi atau kuliah ke luar negeri, biasanya terdapat syarat minimal hasil tes TOEFL yang harus dilakukan di lembaga yang bekerja sama dengan ETS. Jadi sangat penting bagi kamu untuk melakukan tes TOEFL di lembaga resmi.

Rekomendasi Tempat Tes TOEFL yang Diakui ETS

Bagi kamu yang ingin mendapatkan sertifikat dan hasil tes TOEFL, bisa memilih salah satu lembaga resmi yang berada di bawah naungan ETS. Berikut 10 rekomendasi tempat tes TOEFL yang diakui ETS.

  1. British Council

British Council merupakan lembaga pendidikan yang ditunjuk langsung oleh ETS untuk melakukan tes TOEFL. Selain menyediakan layanan tes, British Council juga menyediakan tempat kursus bagi yang ingin belajar bahasa Inggris agar dapat lulus tes TOEFL dengan nilai maksimal.

Baca Juga:  Tips Lolos Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

Lembaga ini juga terdapat di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Ada sekitar 10 lokasi tes TOEFL yang bisa kamu pilih.

  1. International Education Specialists atau IDP

Tempat tes berikutnya yang bisa kamu pilih adalah International Education Specialist atau IDP yang juga lembaga resmi ETS. Lembaga pendidikan yang menyediakan layanan tes TOEFL ini memiliki jaringan yang luas di berbagai negara.

Ada sekitar 700 lebih universitas dan sekolah yang sudah bekerja sama dengan IDP yang berasal dari negara seperti Australia, Kanada dan Inggris.

  1. International Test Center atau ITC

International Test Center merupakan menyediakan tes TOEFL yang diadakan rutin setiap bulan yang bisa kamu ikuti. Khusus untuk lembaga tes ini memiliki banyak pilihan jadwal waktu dilakukannya tes TOEFL.

Selain itu, untuk proses pendaftaran juga bisa dilakukan secara online. Saat ini, ITC sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk hasil tes TOEFL juga bisa diakses secara online yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

  1. Universitas Indonesia

Lembaga bahasa Inggris Universitas Indonesia juga menyediakan tes TOEFL yang resmi dari ETS. Dari segi biaya yang harus dikeluarkan, lembaga tes ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan British Council, IDP dan ITC.

Selain itu, tes TOEFL juga tersedia dalam beberapa tingkatan, mulai dari tingkat dasar, madya dan lanjutan. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resminya.

  1. International Language Program atau ILP
Baca Juga:  Cara Lulus Tes TOEFL dengan Nilai Tinggi

ILP juga merupakan lembaga penyedia tes TOEFL yang diakui ETS. Namun lembaga ini hanya memiliki beberapa tempat tes saja di Indonesia dan juga memiliki beberapa tingkatan.

  1. SUN Education Group

Selanjutnya ada SUN Education Group yang juga menyediakan layanan tes TOEFL yang tersedia di Jakarta. Kamu bisa melakukan pendaftaran tes lewat online.

  1. ESQ English Course

Lembaga ini tidak hanya menyediakan tes TOEFL resmi ETS saja, melainkan juga menyediakan kursus untuk persiapan tes. Hasil tes TOEFL di ESQ English Course akan muncul dalam waktu sekitar 8 hari setelah tes.

  1. Golden English

Untuk lembaga kursus ini menyediakan tes yang dilakukan secara online. Jadi kamu bisa mengikuti tes TOEFL tanpa harus datang ke Golden English.

  1. IES Foundation

Pilihan selanjutnya adalah IES Foundation yang juga menyediakan tes TOEFL secara online. Namun bagi yang ingin mengikuti tes secara offline tersedia di berbagai daerah seperti Jakarta, Lampung, Medan, Depok dan lain sebagainya.

  1. Edubright

Untuk rekomendasi terakhir, kamu juga bisa memilih Edubright sebagai tempat tes TOEFL yang resmi dari ETS. Lembaga ini juga menyediakan tes secara online bagi kamu yang ingin mengikuti tes dari rumah yang mematok biaya tes lebih terjangkau.

Kamu bisa mendaftar dan mengikuti tes secara online yang nantinya akan mendapatkan user ID setelah mendaftar. Apabila dalam waktu 3 hari tidak digunakan untuk mengikuti tes, maka akun tersebut akan secara otomatis hangus.

Demikian 10 rekomendasi tempat tes TOEFL yang diakui ETS yang bisa kamu pilih. Namun sebelum mengikuti tes, akan lebih baik jika kamu menyiapkan materi agar hasil tes lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *