Materi-materi Grammar yang Sering Muncul di Tes TOEFL

Pendidikan144 Dilihat

Fordem.id – Tes TOEFL ITP pada awal mulanya hanya dilakukan secara tatap muka langsung. Namun semenjak pandemi Covid-19 melanda, tes TOEFL mulai dikembangkan menjadi versi digital yang bisa dilakukan secara online sejak tahun 2020.

Perubahan yang terjadi merupakan dampak dari pandemi yang melarang orang berkumpul dalam satu tempat. Namun kebutuhan akan tes TOEFL masih tetap tinggi hingga akhirnya membuat lembaga Educational Testing Service atau ETS membuat terobosan baru yaitu PBT.

Pentingnya hasil tes TOEFL untuk berbagai keperluan membuat peserta yang ikut tes tak pernah surut dan selalu ada setiap hari. Hasil tes berguna untuk kebutuhan dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan yang mensyaratkan karyawan baru dengan kriteria nilai tes TOEFL.

Tes TOEFL merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris setiap individu di berbagai negara. ETS merupakan lembaga swasta yang sudah terkenal dan memiliki lisensi tes TOEFL yang diakui di berbagai negara.

Materi tes TOEFL meliputi membaca (reading), menulis (writing), berbicara (speaking), mendengarkan (listening) dan juga struktur kalimat atau grammar. Dalam artikel ini akan membahas tentang Grammar yang menjadi salah satu materi tes TOEFL. Menguasai materi secara keseluruhan tentu akan membuat skor TOEFL kamu lebih baik.

Bagaimana Strategi Menghadapi Materi Grammar Tes TOEFL

Dalam tes TOEFL ITP memuat materi tes grammar yang bagi sebagian orang merupakan materi tersulit. Structure and written expression merupakan materi tes yang diujikan untuk menilai kemampuan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Ada sekitar 40 soal tes yang tersedia dan waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal hanya 30 menit. Soal ini berbentuk sebuah kalimat yang tidak lengkap yang kemudian peserta tes memilih kata yang pas untuk melengkapi kalimat tersebut dan juga sebuah kalimat lengkap yang ada sebagian kata digaris bawahi dimana tugas dari peserta tes adalah menemukan kata yang salah.

Baca Juga:  UMP dari Akreditasi Unggul Menuju World Class University

Untuk dapat menjawab soal tes TOEFL materi structure and written expression, kamu wajib menguasai grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa tips dalam mengerjakan soal materi ini.

  1. Tentukan subjek serta kata kerja

Dalam kalimat soal tes, biasanya tersedia satu kata subjek dan satu kata kerja. Kamu harus bisa menentukan mana yang merupakan subjek dan kata kerja. Dengan menemukan subjek serta kata kerja dalam kalimat akan memudahkan kamu menjawab soal tes.

  1. Perhatikan pilihan jawaban

Setelah berhasil menemukan subjek dan kata kerja, selanjutnya adalah dengan meilat pilihan jaaban yang disediakan. Cari tahu komponen apa yang kurang dalam kalimat tersebut dengan menggunakan subjek dan kata kerja. Pilihlah jawaban yang paling cocok digunakan untuk mengisi bagian kalimat yang kosong.

  1. Lakukan proses eliminasi

Untuk menemukan jawaban yang tepat dalam mengerjakan tes TOEFL ITP, kamu juga bisa menggunakan strategi mengeliminasi jawaban yang kemungkinan benarnya kecil. Eliminasi jawaban tersebut sehingga menyisakan beberapa pilihan yang tersisa. Nah pada bagian ini, kemampuan grammar kamu diperlukan karena kadang ada kata yang cocok akan tetapi secara tata bahasa dalam bahasa Inggris atau grammar salah.

Kamu memerlukan pengetahuan grammar yang bisa diperoleh melalui belajar mandiri atau bisa juga melalui kursus. Bagi yang belajar mandiri, bisa mencari materi grammar baik dari buku ataupun mesin pencarian Google.

  1. Perhatikan kata yang diberi garis bawah
Baca Juga:  Politeknik Madyathika di Purbalingga Resmi Beroperasi

Ini merupakan bagian soal kedua, menentukan kata yang tidak cocok dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Biasanya kesalahan ditunjukan dalam grammar yang salah atau tidak sesuai seperti contohnya kata importantest. Kata tersebut salah, karena yang benar adalah most important.

  1. Perhatikan struktur kalimat

Untuk menjawab soal grammar diperlukan kejelian ekstra karena kadang ada bagian yang terlihat jelas, akan tetapi kamu tidak fokus akan hal itu. Contoh mudahnya misal ada kalimat The horse and cats are animal.

Kata yang salah adalah bagian cats, karena subjek pertama menunjukan kata tunggal dibuktikan dengan the. Maka dari itu cats seharusnya tidak mendapatkan imbuhan s atau dalam bentuk jamak.

5 Materi Grammar yang Sering Diajukan

Dalam soal Tes TOEFL ITP terdapat materi grammar yang sering muncul dalam soal. Ada 40 soal dimana kamu diminta menjawab pertanyaan dengan melengkapi kalimat dan memilih kata yang bergaris bawah yang tidak sesuai dengan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Menguasai grammar sangat diperlukan agar bisa mendapatkan skor TOEFL tinggi. Berikut beberapa materi grammar yang sering diajukan dalam soal tes, meliputi:

  1. Main verb

Dalam tata bahasa Inggris atau grammar, setiap kalimat pasti memiliki kata kerja utama atau main verb dan juga subjek. Kata kerja merupakan kata yang menyatukan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Kamu perlu mempelajari jenis kata kerja baik itu kata kerja lampau, sekarang dan juga yang akan datang. Perubahan kata kerja menyesuaikan kondisi atau kalimat tersebut.

  1. Infinitive

Infinitive juga merupakan kata kerja atau verb dimana ketika diikuti oleh verb lain membutuhkan infinitive yang berfungsi sebagai pelengkap. Contoh kata infinitive adalah want, propose atau allow. Sedangkan contoh dalam kalimat bisa i want to tell you (saya ingin memberitahu kamu) dimana verb ditambah to + V1.

  1. Gerund
Baca Juga:  Tempat Tes TOEFL yang Diakui ETS

Kata kerja ketika diikuti oleh kata kerja lain, maka wajib berbentuk verb-ing. Contoh katanya adalah They have finished doing the test (mereka telah selesai mengerjakan tes). Dari kalimat tersebut memiliki struktur verb + verb-ing.

  1. Past Custom

Past custom merupakan sebuah kalimat kebiasaan yang sudah kamu lakukan di masa lampau, akan tetapi kebiasaan tersebut sudah tidak diulangi atau terjadi. Soal tes TOEFL ITP ini biasanya bisa dilihat dengan menggunakan used to. Struktur kalimat adalah Subjek + used to + verb atau bisa juga subjek + be used to + verb.

  1. Conditional

Conditional merupakan sebuah kalimat pengandaian yang berfungsi untuk menyatakan sesuatu yang mungkin saja terjadi atau tidak terjadi. Kalimat ini terdiri dari dua kalimat yang disambung dengan if.

Ada tiga jenis kalimat conditional dalam tata bahasa atau grammar yaitu future conditional yaitu kalimat pengandaian yang mungkin terjadi di masa akan datang, present conditional yaitu kalimat pengandaian yang mungkin terjadi sekarang dan terakhir past conditional adalah kalimat pengandaian yang diharapkan terjadi pada masa lalu.

Demikian penjelasan tentang 5 materi grammar yang sering muncul dalam tes TOEFL ITP. Dengan mempelajari materi tersebut sebelum mengikuti tes TOEFL, bisa membuat kamu dapat dengan mudah menjawab soal structure and written expression.

Penguasaan grammar penting karena terdapat 40 soal dalam tes TOEFL. Apabila kamu bisa menjawab soal structure and written expression 30 soal dengan benar, akan menjadi tambahan nilai TOEFL yang cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *