Tips Lolos Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

Pendidikan4 Dilihat

Fordem.id – Belajar bahasa Inggris bisa menjadi strategi lulus tes TOEFL dengan skor tinggi. Dengan menguasai bahasa Inggris tentu akan mudah mengerjakan soal tes TOEFL.

Sertifikat dan hasil tes TOEFL banyak dibutuhkan di berbagai tempat. Bagi yang masih berstatus sebagai pelajar bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa sekolah ke luar negeri. Selain itu, TOEFL juga digunakan sebagai salah satu syarat mahasiswa yang akan wisuda.

Sedangkan bagi kamu yang akan masuk dunia kerja, hasil tes TOEFL bisa digunakan sebagai nilai tambah. Karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian dalam berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai tes TOEFL.

Bagi kamu yang akan mengikuti tes TOEFL sangat disarankan memilih lembaga pendidikan yang sudah mendapat lisensi atau bekerja sama dengan lembaga sertifikasi TOEFL seperti ETS. Dengan demikian maka nilai tes TOEFL kamu akan lebih diakui, khususnya bagi yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri yang mana hanya mengakui hasil tes dari lembaga yang sudah ternama.

Berapa saja Kisaran Skor Tes TOEFL

Tes TOEFL sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu computer based testing yang mana media yang digunakan untuk tes adalah komputer dan paper based testing dimana media yang digunakan dalam tes adalah kertas. Keduanya memiliki kisaran skor yang berbeda.

Khusus untuk paper base test atau TOEFL ITP (Institutional Testing Program) memiliki tiga bagian tes yang meliputi mendengarkan, membaca dan struktur. Waktu lamanya tes biasanya antara 2 sampai 2,5 jam dan kisaran nilai yang bisa didapatkan antara 217 sampai dengan 677.

Untuk syarat lulus mahasiswa yang mengambil jenjang S1 biasanya mematok skor minimal 450 sampai 500. Sedangkan untuk syarat lulus jenjang S2 dan S3 antara 500 sampai 550. Maka dari itu diperlukan strategi lulus tes TOEFL agar bisa memperoleh nilai maksimal.

Baca Juga:  Mengapa Belajar Bahasa Inggris Penting?

Sedangkan untuk computer based testing atau iBT (Internet Based Test) materi tes yang diujikan adalah kemampuan menulis, mendengar, membaca dan berbicara. Durasi dalam mengerjakan soal lebih lama yaitu 4 jam dan bisa dilakukan secara online. Kisaran nilai yang didapat antara 0 sampai 120.

TOEFL internet base test ini biasa digunakan untuk kebutuhan belajar di luar negeri. Ada banyak universitas luar yang menggunakan nilai tes TOEFL sebagai syarat diterima dan untuk jenjang S1 biasanya nilai minimal adalah 80. Akan tetapi ada juga universitas yang mematok nilai di 80 dan sebaliknya.

10 Tips Lolos Tes TOEFL Bisa dapat Skor Tinggi

Sebelum melakukan tes, diperlukan strategi lulus tes TOEFL agar nilai yang didapatkan memuaskan. Berikut 10 tips lolos tes TOEFL agar bisa mendapatkan skor tinggi.

  1. Mempelajari dari dasar

Mempelajari bahasa Inggris dari dasar diperlukan untuk dapat lolos tes dengan nilai maksimal. Dengan melakukan langkah ini, kamu akan lebih mudah dalam belajar. Karena pembelajaran yang baik adalah belajar dari awal agar lebih paham.

Kamu bisa mulai belajar bahasa inggris dasar seperti alphabet, grammar, vocabulary dan lain sebagainya.

  1. Mengenal tes TOEFL

Strategi lulus tes TOEFL terbaik adalah dengan mengenali tes atau materi apa saja yang akan dimunculkan dalam tes TOEFL. Materi sudah dijelaskan di atas, baik untuk tes computer base test maupun paper base test.

Kamu bisa mulai belajar materi tersebut dan juga mulai mencari informasi bagaimana sistem penilaian, jumlah soal yang harus dikerjakan dan berapa durasi waktunya. Dengan mengenal tes TOEFL maka kamu bisa merencanakan pembelajaran lebih efektif dan terarah.

  1. Persiapan yang matang
Baca Juga:  Sebelum Tes TOEFL, Ini Hal Penting yang Perlu Disiapkan

Akan lebih baik jika kamu mulai mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes TOEFL. Lakukan persiapan yang matang dan atur waktu belajar agar bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Setelah dirasa siap untuk mengikuti tes TOEFL, barulah mendaftar dan mengikuti tes.

Jika mengikuti tes tanpa adanya persiapan, tentu hasilnya akan tidak maksimal dan peluang untuk mendapatkan skor tinggi akan sulit. Jadi persiapkan diri secara matang terlebih dahulu sebelum mengikuti tes.

  1. Membaca dan menulis

Mulailah belajar membaca dan menulis bahasa Inggris. Dengan banyak belajar kedua hal ini, maka kemampuan bahasa Inggris kamu pun akan meningkat.

  1. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Bagi kamu yang suka mendengarkan musik, mulailah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Hal itu dapat membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris untuk melatih listening dan speaking. Terutama untuk kamu yang cenderung lebih cocok dengan metode belajar mendengarkan.

  1. Nonton film berbahasa Inggris

Menonton film berbahasa Inggris juga dapat membantu kamu dalam mempelajari bahasa Inggris. Kadang ada orang yang bisa menguasai bahasa Inggris karena sering nonton film luar. Kamu akan mengetahui cara pengucapan bahasa Inggris yang benar dengan menonton film.

  1. Bertanya kepada orang yang sudah pernah ikut tes TOEFL

Langkah ini juga cukup efektif, kamu bisa menanyakan materi apa saja yang muncul dalam tes dan juga pengalaman orang tersebut ketika mengikuti tes. Dengan demikian kamu akan mendapatkan gambaran tentang tes TOEFL.

  1. Latihan soal-soal TOEFL

Carilah soal-soal TOEFL baik dari internet maupun dari buku. Saat ini sudah banyak contoh soal yang tersedia di mesin pencari Google yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar.

  1. Les bahasa Inggris
Baca Juga:  Tempat Tes TOEFL yang Diakui ETS

Mengikuti les atau kursus bahasa Inggris juga bisa menjadi strategi lulus tes TOEFL terbaik. Carilah lembaga kursus yang memang sudah berpengalaman dan memiliki tenaga pendidik yang profesional.

Belajar bahasa Inggris di tempat kursus akan membuat kamu lebih fokus dalam mempelajari bahasa Inggris. Suasana dalam pembelajaran juga akan memotivasi kamu dalam belajar.

Selain itu, di tempat kursus kamu juga akan mendapatkan materi yang sering muncul dalam tes sehingga akan lebih efektif. Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan strategi terbaik untuk mengerjakan soal tes TOEFL.

  1. Persiapan teknis sebelum tes

Setelah persiapan dari segi materi pembelajaran dan strategi dalam mengikuti tes sudah kamu kuasai, hal terakhir adalah mempersiapkan hal teknis sebelum tes. Ada berbagai macam persiapan mulai dari memilih tempat tes, waktu tes, kesehatan dan juga alat tulis.

Pilihlah lembaga tes yang kredibel agar nilai TOEFL bisa diterima di berbagai tempat baik di lembaga pendidikan maupun dunia kerja. Kemudian pilih waktu tes yang tepat, dimana pada hari itu kamu tidak memiliki agenda lain.

Kesehatan juga perlu diperhatikan sebelum mengikuti tes. Istirahat secukupnya, agar ketika akan mengikuti tes TOEFL kamu dalam kondisi prima dan dapat mengikuti prosesnya dengan lancar. Terakhir persiapkan alat tulis yang akan digunakan untuk tes, usahakan siapkan alat tulis lebih dari satu.

Demikian 10 tips lolos tes TOEFL dengan skor tinggi yang bisa kamu coba. Strategi lulus tes TOEFL terbaik adalah persiapan yang matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *