Sebelum Tes TOEFL, Ini Hal Penting yang Perlu Disiapkan

Pendidikan71 Dilihat

Fordem.id – Mempersiapkan diri sebelum tes TOEFL perlu dilakukan agar bisa mengerjakan soal tes dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Gunakan strategi persiapan TOEFL yang matang agar ketika melaksanakan tes berjalan dengan lancar.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting dan digunakan sebagai bahasa Internasional. Ketika orang yang berasal dari dua negara yang berbeda, biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai alat untuk berkomunikasi.

Kemajuan teknologi juga memudahkan setiap orang dari berbagai penjuru dunia dapat saling berkomunikasi lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter. Mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai alat berkomunikasi.

Dalam dunia pendidikan, bahasa Inggris juga merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh peserta didik atau pelajar. Hal itu membuktikan bahwa bahasa Inggris sangat penting untuk dikuasai.

Bukan hanya di bidang pendidikan saja, di dunia kerja juga banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang memiliki kriteria menguasai bahasa Inggris. Salah satu bukti bahwa kamu menguasai bahasa Inggris adalah dengan hasil dari tes TOEFL.

Kenapa Penting Mempersiapkan Diri Sebelum Tes TOEFL

Untuk mendapatkan nilai tes TOEFL yang tinggi, bisa dilakukan dengan menggunakan strategi persiapan TOEFL sebelum mengikuti tes. Persiapan memiliki peranan penting yang akan berdampak pada hasil.

Dalam melakukan segala hal, diperlukan sebuah perencanaan yang matang dan terperinci agar ketika sudah tiba waktunya akan berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan. Begitu pula ketika akan mengikuti tes TOEFL.

10 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Tes TOEFL

Sebelum mengikuti tes TOEFL, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Berikut 10 hal penting yang harus dipersiapkan meliputi:

  1. Persiapan Belajar
Baca Juga:  UMP dari Akreditasi Unggul Menuju World Class University

Belajar merupakan salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan sebelum mengikuti tes TOEFL. Kamu wajib mempelajari bahasa Inggris secara mendalam agar ketika tes dapat mengerjakan soal dengan baik.

Akan lebih baik lagi jika kamu mempelajari bahasa Inggris dari dasar agar bisa lebih paham. Pembelajaran bahasa Inggris yang harus kamu lakukan meliputi kemampuan dalam menulis, membaca, mendengarkan dan juga berbicara dalam bahasa Inggris.

  1. Pelajari materi tes

Tes TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang meliputi berbagai hal seperti yang dijelaskan di atas. Belajar merupakan strategi persiapan TOEFL terbaik. Pelajari bagian-bagian materi tersebut secara mendalam mulai dari belajar menulis bahasa Inggris, membaca tulisan bahasa Inggris, Berbicara dalam bahasa Inggris dan mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris.

Untuk mempelajari menulis, kamu bisa dengan membiasakan menulis kosakata baru yang telah kamu dapatkan dalam sebuah buku. Dengan membiasakan hal ini, maka kamu akan mudah mengingat kosa kata yang pernah kamu tulis.

Membaca bisa dilakukan dengan membaca buku ataupun berita yang menggunakan bahasa Inggris. Biasakan membaca tulisan Inggris dan jika tidak tahu artinya bisa di translate lewat bantuan Google maupun kamus.

Sedangkan untuk pembelajaran mendengarkan, bisa dilakukan dengan mendengarkan musik atau menonton film berbahasa Inggris. Cara ini cukup ampun bagi kamu yang lebih suka metode belajar dengan cara mendengar.

Yang terakhir untuk menguasai materi berbicara bahasa Inggris bisa dilakukan dengan mempraktekan langsung. Langkah mudahnya bisa dengan mencari teman di media sosial yang berasal dari luar negeri. Manfaatkan sosial media untuk belajar berbicara dalam bahasa Inggris.

  1. Latihan soal tes TOEFL

Untuk mencari contoh-contoh soal TOEFL saat ini sudah banyak tersedia baik itu dalam bentuk buku maupun dari internet. Kamu bisa memanfaatkan soal tersebut untuk berlatih sebelum mengikuti tes TOEFL.

  1. Kursus bahasa Inggris
Baca Juga:  SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga Buka Mapeta Hizbul Wathan

Kursus bahasa Inggris merupakan strategi persiapan TOEFL yang efektif agar sukses dalam tes. Carilah lembaga kursus yang memang sudah berpengalaman dan memiliki tenaga pendidik yang profesional.

Mempelajari belajar bahasa Inggris di tempat kursus akan membuat kamu lebih fokus dalam mempelajari bahasa Inggris. Suasana dalam pembelajaran juga akan memotivasi kamu dalam belajar.

Bukan hanya itu, di tempat kursus kamu juga akan mendapatkan materi yang sering muncul dalam tes sehingga akan lebih efektif. Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan strategi terbaik untuk mengerjakan soal tes TOEFL.

  1. Ketahui sistem penilaian tes

Kamu juga harus mengetahui sistem penilaian tes TOEFL. Dengan mengetahui sistem penilaian akan memberikan gambaran lebih jelas tentang tes.

  1. Tentukan target skor

Tentukan target skor yang ingin kamu capai. Untuk tes TOEFL paper base akan lebih baik jika target di atas 450. Karena nilai tersebut merupakan ambang batas bawah yang digunakan sebagai syarat lulus jenjang S1.

Setelah mengetahui tentang sistem penilaian tes TOEFL, kamu bisa menggunakannya sebagai dasar dalam menentukan target skor yang ingin dicapai.

  1. Ketahui durasi dan jumlah soal

Kamu perlu mengetahui jumlah soal dan durasi waktu mengerjakan. Untuk tes TOEFL yang menggunakan media kertas soal lebih dari 120 dan waktu yang disediakan untuk menyelesaikan soal antara 2 sampai 2,5 jam.

  1. Persiapan memilih lembaga tes TOEFL yang berstandar internasional

Salah satu lembaga tes TOEFL yang berstandar internasional adalah yang bekerjasama dengan ETS. Hal itu penting untuk dipersiapkan, karena dengan menggunakan lembaga yang resmi maka hasil tes akan diterima dimanapun.

Baca Juga:  Hal Penting Sebelum Ikut Tes Masuk Akpol

Seperti contoh jika ingin menggunakan hasil tes untuk kepentingan melanjutkan studi ke luar negeri, wajib hukumnya menggunakan lembaga tes yang resmi. Hal itu menjadi syarat tes TOEFL yang diterima di berbagai sekolah atau universitas di berbagai negara seperti Kanada, Amerika, Australia dan masih banyak lagi.

  1. Pemilihan waktu tes TOEFL

Memilih waktu yang tepat juga harus dipersiapkan sebelum melakukan tes. Pilihlah waktu yang tepat saat kamu tidak sedang memiliki kegiatan lain. Misal untuk mahasiswa bisa memilih waktu ketika sedang libur semester.

Waktu libur yang lumayang panjang, bisa dimanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris dan juga untuk mengikuti tes. Pemilihan waktu juga menjadi strategi persiapan TOEFL yang penting agar kamu bisa lebih fokus.

  1. Perhatikan kesehatan

Kesehatan perlu juga diperhatikan dengan baik sebelum mengikuti tes TOEFL. Pastikan bahwa kamu sedang tidak sakit dan bisa mengikuti tes dengan keadaan prima.

Kondisi kesehatan tubuh erat kaitannya dengan memilih waktu tes TOEFL yang tepat. Jika dirasa kamu dalam keadaan sehat dan bisa mengikuti tes, maka itu merupakan waktu yang tetap. Karena jika mengikuti tes TOEFL dalam keadaan sakit, tentu akan mengganggu konsentrasi dan menyulitkan kamu ketika sedang mengikuti tes.

Demikian 10 hal yang perlu dipersiapkan dengan baik sebelum mengikuti tes TOEFL. Strategi persiapan TOEFL yang baik adalah dilakukan dengan perencanaan yang terperinci dan efektif agar dalam proses tes dan hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Hal itu perlu agar skor tes TOEFL bisa lebih tinggi dari yang ditargetkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *