Roadshow Pemulihan Ekonomi di Karangjambu, Bentuk Dukungan Kepada Pelaku UMKM

Berita, Ekonomi207 Dilihat

Fordem.id – Roadshow Pemulihan Ekonomi kembali dilakukan di Purbalingga. Pada kali ini dilakukan di kecamatan Karangjambu, Rabu (15/11/2023).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memberikan semangat kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus meningkatkan kualitas sehingga komoditas yang dihasilkan bisa menembus pangsa pasar nasional dan internasional.

Dia mencontohkan produk sapu glagah asal Purbasari dan Danasari yang telah diekspor ke Jepang, Korea, dan Timur Tengah.

“Karangjambu meski jauh dari kota, namun di sini banyak komoditas yang sebagian telah sukses di pasar luar negeri,” kata Tiwi.

Baca Juga:  Kunjungi Purbalingga, SBY: Demokrat Wajib Sukseskan Prabowo-Gibran

Selain sapu glagah, bupati memperkenalkan komoditas kapulaga yang telah masuk ke pabrik jamu terkemuka di Indonesia, PT Sidomuncul. Dia juga menyebut kopi sebagai salah satu produk unggulan, di mana tiap-tiap desa di Karangjambu punya kopi unggulan masing-masing yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Kopi Karangjambu, Jingkang, dan Kendil dari Desa Sirandu sudah terkenal dan jadi komoditas unggulan juga. Pemerintah siap untuk memfasilitasi agar berbagai produk UMKM kita diakui di tingkat nasional bahkan internasional, ” kata dia.

Untuk mendukung komoditas UMKM lokal bisa berkembang, pemerintah telah menyiapkan sejumlah program bantuan keuangan, seperti program dana stimulan.

Baca Juga:  KPU Purbalingga Resmi Buka Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

“Kelompok UMKM yang aktif dan ingin mengakses dana dari pemerintah bisa mengajukan proposal, nanti pemerintah akan mensurvei guna melihat apakah layak atau tidak untuk dapat bantuan,” jelasnya.

Kadus Desa Purbasari Anhar Falaq mengatakan, hampir semua warga Purbasari adalah perajin sapu glagah. Beberapa di antaranya adalah pengepul besar yang omzetnya kisaran Rp 40 juta hingga ratusan juta per bulan.

“Produksi sapu glagah sangat terasa dari sisi keterserapan tenaga kerja, khususnya para ibu rumah tangga. Tingkat perekonomian warga juga terdampak, mereka bisa menambah pengahasilan keluarga, otomatis kesejahteraan warga juga meningkat,” ujarnya.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Pekalongan, Alokasi Kursi dan Dapil

Pada kegiatan Roadshow Pemulihan Ekonomi ini, Bupati mengunjungi satu per satu stan desa dan memborong produk UMKM yang dipamerkan. Pada roadshow kali ini, Bupati membagikan kuliner gratis di stan UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *