Pencegahan Potensi Pelanggaran, Bawaslu Purbalingga Awasi Proses Rekapitulasi DPTb

Berita134 Dilihat

Fordem.id – Anggota Bawaslu Purbalingga, Wawan Eko Mujito hadir dalam Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), Inventarisasi Data Meninggal, dan Sosialisasi Pindah Memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus Pemiilihan Umum (Pemilu) 2024.

Acara ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga di Desa Bojong, Kecamatan Purbalingga, Senin, 13 November 2023 pukul 13.00 WIB.

Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Purbalingga yang bertanggung jawab dalam bidang mutarlih.

Turut hadir pula perwakilan dari instansi terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Purbalingga dan Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga.

Baca Juga:  Materi Tes Wawancara Calon Anggota Bawaslu, Penentu Lolos 10 Besar!

Sambutan dan pembukaan acara disampaikan oleh Anggota KPU Purbalingga, Catur Sigit Prastyo, yang mewakili Ketua KPU Kabupaten. “Kami telah menginventarisir DPT dengan menambah 2% untuk memenuhi kebutuhan surat suara per TPS. Persiapan ini dilakukan jauh-jauh hari agar tidak ada kendala saat pelaksanaan pemungutan suara,” ujar Catur dalam sambutannya.

Sudarmadi, sebagai Anggota KPU Kabupaten Purbalingga yang bertanggung jawab atas Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, menegaskan salah satu isu yang paling ditanyakan terkait Pemilih di TPS Lokasi Khusus. “Kami akan berkoordinasi dengan Rutan Purbalingga terkait penghuni Rutan dalam minggu ini,” tegas Sudarmadi.

Baca Juga:  Pemuda Muhammadiyah Purbalingga Inisiasi Aksi Solidaritas Peduli Palestina

Dalam kesempatan tersebut, Wawan Eko Mujito, Anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga, menyatakan bahwa Bawaslu telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk menyisir potensi DPTb di seluruh TPS sesuai dengan wilayah kerja masing-masing. “Kita harus serius agar potensi masalah terkait DPTb dapat diatasi dengan baik,” tandas Wawan.

Kedatangan Bawaslu Purbalingga dalam Rapat Koordinasi ini memiliki tujuan utama, yaitu untuk mengawasi proses rekapitulasi DPTb, memastikan keakuratan data pemilih dan mencoret data pemilih yang telah meninggal, serta mengawal sosialisasi pindah memilih di TPS Lokasi Khusus.

Baca Juga:  Kepengurusan Baru PDM dan PDA Purbalingga Dikukuhkan oleh PWM Jateng: Kontinuitas Kemajuan dalam Muhammadiyah

Bawaslu berperan dalam mencegah potensi pelanggaran pemilu, menjaga integritas pemilihan, dan optimalisasi partisipasi pemilih dengan memastikan proses pemilihan berjalan adil, transparan, dan sesuai dengan prinsip demokrasi.

“Melalui Rapat Koordinasi ini, Bawaslu Kabupaten Purbalingga optimis bahwa setiap warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih dapat menggunakan hak pilihnya tanpa kendala sehingga diharapkan dapat menjamin kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Purbalingga.” Kata Wawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *