Hizbul Wathan Qobilah AR Fachrudin SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga Gelar Masa Penerimaan Tamu dengan Fokus Tingkatkan Mental Bela Negara Siswa

Berita122 Dilihat

Fordem.id – Hizbul Wathan Qobilah AR Fachrudin, sebuah kelompok ekstrakurikuler dari SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga, telah sukses menggelar acara Masa Penerimaan Tamu (Mapeta) dalam rangka tahun pelajaran 2023-2024. Kegiatan berlangsung dari Jumat hingga Minggu, (3-5/8/2023), di lapangan sekolah mereka. Mapeta ini diadakan dengan tujuan utama untuk membina mental cinta tanah air serta semangat bela negara di kalangan para siswa.

Lebih dari ratusan siswa SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga ikut serta dalam acara Mapeta, yang merupakan salah satu program tahunan dari Hizbul Wathan. Acara ini khususnya diikuti oleh siswa kelas 10 yang baru saja diterima di sekolah tersebut.

Dalam rentang waktu Mapeta berlangsung, para anggota Hizbul Wathan melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat semangat kebangsaan dan patriotisme. Kegiatan tersebut meliputi berkemah, pendidikan kepanduan, menonton film bersama, api unggun, renungan, serta petualangan di alam terbuka.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Rembang, Alokasi Kursi dan Dapil

Arif Purnomo, pembina upacara yang mewakili Kepala SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga, mengucapkan terima kasih kepada semua peserta dan panitia yang telah bersama-sama mempersiapkan serta menyukseskan acara ini. Dia berharap agar kegiatan Mapeta ini dapat memberikan manfaat yang berarti bagi seluruh peserta.

“Terima kasih kepada para peserta dan panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk adik-adik sekalian.” Ungkapnya.

Hizbul Wathan Qobilah AR Fachrudin sendiri didirikan pada tahun 2014, seiring dengan momen Musyawarah HW Kwatir Daerah Purbalingga. Kelompok ini memiliki tujuan untuk mendorong semangat bela negara di kalangan generasi muda. Awalnya, kehadiran mereka ditandai dengan partisipasi dalam acara “Penyegaran Dewan Sughli Provinsi Jawa Tengah” di Bumi Perkemahan Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga:  Soekarno dan Muhammadiyah

Saat itu SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga mengirim dua orang wakil, yaitu satu putra dan satu Putri. Sejak saat itu kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga resmi dimulai.

Tidak hanya fokus pada Hizbul Wathan, SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga juga menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler lainnya kepada siswa, seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Sepakbola, Pencak Silat Tapak Suci, Voli, dan Jurnalistik.

Selain kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga juga memiliki pilihan jurusan yang menarik. Mereka merupakan sekolah menengah kejuruan pertama di Kabupaten Purbalingga yang menyediakan jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas. Jurusan ini memberikan pengetahuan tentang teknik pembuatan obat, baik itu berbahan kimia maupun herbal.

Baca Juga:  Membumikan Filsafat Di Generasi Muda

“Kami mencetak generasi yang ahli dalam bidang Farmasi, banyak dari lulusan Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga yang bekerja di rumah sakit, apotek, dan berwiraswasta dengan mendirikan apotek sendiri.”  kata Nur Fitri, Kepala SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki kompetensi keahlian dalam bidang Perbankan Syariah, yang mengajarkan siswa tentang pengelolaan uang, pencatatan, dan pelaporan keuangan.

“Mulai dari mencatat, mengeluarkan, sampai dengan pelaporan keuangan,” kata dia.

Dengan semangat bela negara yang ditanamkan melalui kegiatan seperti Mapeta, serta beragam pilihan ekstrakurikuler dan jurusan yang relevan, SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga terus berupaya memberikan pendidikan yang komprehensif kepada para siswa, menjadikan mereka siap menghadapi tantangan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *