INDUSTRY PENGOLAHAN BIODIESEL ; RAKORWIL LP-UMKM PWM JATENG

Berita116 Dilihat

Khariri Anwar (Sekretaris LP-UMKM PDM Jepara)

Sabtu, 9 Dzulhijjah 1445 Hijriyah di Padang Arofah jamaah haji melaksanakan wukuf. Wukuf di Arofah merupakan salah satu rukun haji yang menjadi puncak dari pelaksanaan ibadah haji. Di Indonesia tanggal tersebut tepat pada hari ahad 16 Juni 2024 telah diadakan RAPAT KOORDINASI WILAYAH (RAKORWIL) UMKM putaran terakhir di Aula Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Kabupaten Kudus Jateng, yang sebelumnya diadakan di kota lain di Jawa Tengah.

RAKORWIL diikuti 90-an peserta dari kabupaten Kudus, Jepara, Pati, Blora, Rembang dan Grobogan. Kegiatan tersebut bertepatan puasa arofah, tentu saja banyak peserta yang melaksanakan puasa Sunnah. Imbasnya, snack pagi dan menu makan siang tidak dimakan, namun tetap diterima dan ditaruh di meja peserta atau diatas kursi yang kosong. Menu dalam kemasan dos dibawa pulang “..untuk buka puasa nanti”, kata salah satu peserta Nur Akhmadi ketika ditanya. RAKORWIL UMKM area Muria Raya tersebut dimulai pukul 09.00 WIB berakhir pukul 16.00 WIB, menghadirkan nara sumber yang berkompeten, diantara Ketua PWM Jateng Dr. KH. Tafsir, M.Ag., Rektor UMKU Dr. Edy Soesanto, M.Kes., Anggota Komisi IX DPR RI Dr. H. Edy Wuryanto (Kader PDIP), M.Kes., Ketua MEK PWA Dr. Eka Handiyani, MM, Bendahara PWNA Ani Susanti dan Ketua LP-UMKM Jateng H. Khafid Sirotudin. Pembahasan Rakorwil antara lain Kolaborasi Program Kerja LP-UMKM dengan UMKU, Pengelolaan Pengadaan dan Distribusi Minyak Goreng (murah) untuk UMKM, Pendirian Pabrik BioDiesel berbahan

Baca Juga:  Antisipasi Berita Hoaks, Sinergi Lintas Sektoral Diperlukan Jelang Pemilu 2024

limbah produktif. Diharapkan peserta Rakorwil aktif untuk pengolahan limbah tersebut yang ditindaklanjuti setelah pabrik mulai berjalan.

Di sesi terakhir dimulai Pukul 13.00 WIB Pak Heru sebagai wakil dari Perusahaan Kelola BioDiesel memaparkan BioDiesel dari jelantah sangat popular di mancanegara. Minyak jelantah telah banyak dimanfaatkan berbagai negara, terutama sebagai campuran biodiesel. Indonesia termasuk pengekspor komoditas ini. Dikatakan negara-negara yang mengembangkan biodiesel dari jelantah antara lain : Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Finlandia, China, Jepang, Korsel, Malaysia dan Singapura. Jelantah adalah limbah Minyak Goreng, di Indonesia jelantah ada dimana-mana, untuk itu LP-UMKM Jateng diajak PT. KBEE untuk bersama dalam kegiatan pengelolaan minyak goreng bekas (jelantah) menjadi BioDiesel. Nantinya MoU ditingkatkan menjadi Perjanjian Kerjasama Pengadaan Minyak untuk UMKM di seluruh Jawa Tengah dan pembangunan Pengolahan Jelantah menjadi BIODEISEL sebagai stablitas harga minyak goreng. Singkatnya, ada aplikasi UMKM Muhammadiyah “Datang Bawa Minyak & Pergi Bawa Jelantah”. http://www.umkm-mu.com

Baca Juga:  APS yang Melanggar Aturan Ditertibkan Satpol PP Bersama Bawaslu Purbalingga

Ada Guyonan kecil dalam Rakorwil tersebut yaitu saat Pak Tafsir memberikan pemaparan ; “ .. kalau santri Muhammadiyah tidak nyaleg PDIP, jangan salahkan kalau PDIP menjauhi kita.” Kelakarnya. Lanjutnya ; “ pertanyaannya siapa warga Muhammadiyah yang mau nyaleg di PDIP? Cuman pak Edy Wuryanto yang kebetulan jadi waktu itu (5 tahun lalu, red.) dan selamat jadi lagi untuk yang ke 2 kali. Pemaparan Pak Tafsir yang segar dan kelakarnya yang khas membuat makin semangat para peserta untuk tetap bertahan hingga ditutupnya Rakorwil tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *