Bupati Purbalingga : Pawai Kemerdekaan Tumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Bangsa

Berita53 Dilihat

Fordem.id – Pawai Budaya digelar dalam rangka semarak HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Purbalingga Tahun 2023. Pawai kali ini mengusung tema : ‘Mewujudkan Purbalingga Maju dan Berkebudayaan’.

“Indonesia selain harus berdikari secara ekonomi, berkedaulatan di bidang politik juga harus berkepribadian dalam kebudayaan,” kata Bupati Tiwi saat Pawai Budaya, Sabtu (19/08/2023) di Kompleks selatan Alun-alun Purbalingga.

Melalui tema tersebut, pawai kali ini didominasi penampilan aspek budaya, adat dan juga seni. Berbagai pertunjukan dipertontonkan seperti Karawitan, Ebeg, Lengger, Begalan, aneka tari tradisional, Ujungan, Tektek/kenthongan. Peserta pawai menampilkan parade pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia.

Baca Juga:  Pencegahan Potensi Pelanggaran, Bawaslu Purbalingga Awasi Proses Rekapitulasi DPTb

“Dengan tema kali ini dalam semarak kemerdekaan diharapkan masyarakat Purbalingga tidak hanya mencintai tanah air akan tetapi juga mencintai terhadap tradisi budaya sendiri, ungkapnya.

Pawai Budaya kali ini diikuti oleh 152 peserta, mulai dari OPD/instansi, BUMD, Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, dan sebagainya. Selain aspek budaya, Pawai Budaya kali ini juga digunakan sebagai ajang promosi layanan OPD.

“Mudah mudahan pawai ini bermanfaat sebagai suguhan hiburan, tontonan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Pada kesempatan ini, Bupati Tiwi bersama suami mengenakan Pakaian Adat Suku Bugis Sulawesi Selatan, sedangkan Wakil Bupati H Sudono beserta isteri mengenakan pakaian adat Jawa Tengah. Sementara Ketua DPRD HR Bambang Irawan beserta isteri mengenakan pakaian adat Sumatera Barat.

Baca Juga:  Bersaing Menuju 20 Besar, Pelamar Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Ikuti Tes Psikologi

Hadir jajaran Forkompinda dan pada pimpinan OPD dan BUMD. Ribuan masyarakat antusias menyaksikan pawai yang dimulai dari GOR Guntur Darjono dan finish di Alun-alun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *