Muhammadiyah Dukung Kadernya Dakwah Lewat Jalur Politik

Berita172 Dilihat

Fordem.id – Muhammadiyah menjadi salah satu pilar gerakan keagamaan dan sosial di Indonesia yang sudah berdiri lebih dari satu abad lamanya.

Salah satu bentuk gerakan keagamaan yang gencar dilakukan Muhammadiyah yaitu dakwah. Dakwah merupakan istilah dalam agama Islam yang merujuk pada upaya menyampaikan dan memperkenalkan ajaran agama kepada orang lain dengan maksud untuk mengajak mereka kepada kebenaran dan kebaikan.

Kata “dakwah” sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti “pemberitahuan” atau “pengumuman”.

Dalam konteks agama Islam, dakwah mengacu pada upaya mengajak orang lain untuk mengenal, memahami, dan mengikuti ajaran Islam dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Baca Juga:  Milad ke-111 Muhammadiyah di Purbalingga, Cak Nanto: Tingkatkan Terus Kontribusi Positif bagi Masyarakat

Ketua PWM (Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) Jateng, Dr. KH. Tafsir, M.Ag mengatakan, dakwah dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan cara, seperti salah satunya lewat jalur politik.

Dia juga mengatakan, kader yang masuk dalam struktural PWM, tidak akan diberhentikan ketika mencalonkan diri menjadi peserta atau Bacaleg untuk Pemilu 2024.

“Muhammadiyah mendukung kadernya dakwah lewat jalur politk,” kata Ketua PWM Jateng saat memberi sambutan dalam acara Syawalan Kebangsaan, Minggu, 21 Mei 2023 di Universitas Muhammadiyah Karanganyar.

Dakwah lewat jalur politik bisa menjadi sebuah pendekatan atau media dalam menyebarkan ajaran agama dan nilai-nilai Islam melalui keterlibatan aktif dalam arena politik.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Pemalang, Alokasi Kursi dan Dapil

Diharapkan, nantinya kader yang menjadi pemenang dalam Pemilu bisa menjadi pemimpin yang menerapkan nilai-nilai Islam dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan politik.

Dia juga menambahkan bahwa pemimpin Islam memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. “Kepemimpinan bagian dari penerus tugas kenabian,” ungkapnya.***

Ikhwan M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *