KPU Purbalingga Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

Berita271 Dilihat

Fordem.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Catur Sigit Prasetyo, Anggota KPU Purbalingga selaku Ketua divisi Teknis Penyelenggara Pemilu menjelaskan ada dua tujuan utama dari simulasi.

“Pertama, simulasi sebagai media sosialisasi pendidikan politk bagi masyarakat,” kata Catur, Minggu, 23 Desember 2024 di desa Ponjen, Karanganyar, Purbalingga.

Dia berharap, dengan adanya simulasi, masyarakat paham cara menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Baca Juga:  Informasi Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Pemilu 2024 di Temanggung

“Dengan simulasi ini, diharapkan masyarakat paham cara menggunakan hak pilih agar suaranya sah,” lanjutnya.

Kemudian, tujuan selanjutnya untuk Kelompok Pemungutan Surat Suara (KPPS) sebagai tolak ukur kesiapan dalam menyelenggarakan pemilu di TPS.

“Bagi penyelenggara (KPPS), untuk memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS sesuai norma yang berlaku,” lanjutnya.

Jadi, simulasi diharapkan bisa menjadi sarana untuk mensukseskan pemilu yang adil, aman dan berintegtitas.

Sementara itu, kepala desa Ponjen Romidi menyambut baik simulasi yang diselenggarakan oleh KPU Purbalingga.

“Diharapkan dengan simulasi ini, masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan benar dan ikut berkontribusi dalam pembangunan negara lewat pemilu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *