Mendidik Anak : Menjembatani Masa Lalu, Menyambut Masa Depan

Opini156 Dilihat

Oleh: Lukman Hakim (Kepala Sekolah SMK Mutu Semarang, Sekretaris MPI PWM Jateng, Wanbin Fordem Berkemajuan Jateng)

If you teach your children as you were tought, it means that you rob their future
(Jika kamu mengajar anakmu dengan cara sebagaimana dulu kamu diajar, itu artinya kamu merampok masa depannya)

Hidup selalu berubah dari masa ke masa dan terus berkembang sesuai tuntutan zaman. Cara mendidik anak pun harus disesuaikan dengan perubahan dan perkembangan itu.

Ali bin Abi Thalib, sahabat Rasulullah SAW, berkata : “Didiklah anakmu sesuai zamannya karena mereka hidup bukan di zamanmu”.
Kata-kata bijak ini menjadi pengingat bagi para orang tua di era modern, dimana dunia terus berkembang dengan pesat dan menghadirkan tantangan baru bagi generasi penerus.

Mendidik anak di zaman sekarang berbeda dengan mendidik di zaman dahulu. Dahulu, anak-anak dibesarkan dalam lingkungan yang lebih sederhana, dengan akses informasi yang terbatas dan fokus pada nilai-nilai tradisi. Kini, anak-anak dihadapkan pada dunia yang kompleks, penuh dengan informasi digital, dan tuntutan globalisasi.

Baca Juga:  Pendampingan Hukum Jual Beli Tanah

Oleh karena itu, pola asuh orang tua pun harus beradaptasi. Orang tua tidak bisa lagi hanya mengandalkan cara- cara lama dalam mendidik anak. Diperlukan pendekatan yang lebih inovatif, kreatif, dan fleksibel agar anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang tangguh, berkarakter mulia, dan siap menghadapi tantangan zamannya.

Berikut beberapa poin penting dalam mendidik anak di zaman sekarang:
1. Memahami Perkembangan Teknologi
Orang tua perlu memahami bagaimana teknologi mempengaruhi anak-anak mereka. Hal ini penting agar mereka dapat membantu anak menggunakan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab, serta terhindar dari dampak negatifnya.

2. Menumbuhkan Kreativitas dan Keterampilan Memecahkan Masalah
Dunia saat ini membutuhkan individu yang kreatif dan inovatif. Orang tua perlu mendorong anak-anak mereka untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan memecahkan masalah melalui berbagai kegiatan, seperti bermain, seni, dan sains.

Baca Juga:  Darul Ahdi wa al-Syahadah, NEGARA PANCASILA Perspektif Islam Berkemajuan

3. Menanamkan Nilai-nilai Moral dan Karakter
Di tengah gempuran informasi dan budaya luar, penting bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai moral dan karakter yang kuat pada anak-anak mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan mendongeng, mengajarkan agama, dan menjadi contoh yang baik bagi anak.

4. Membangun Komunikasi yang Terbuka dan Jujur
Orang tua perlu membangun komunikasi yang terbuka dan jujur dengan anak-anak mereka. Hal ini penting agar anak-anak merasa nyaman untuk bercerita dan berbagi masalah dengan orang tua mereka.

5. Memberikan Dukungan dan Semangat
Dukunglah anak-anak anda dalam mengejar mimpi dan cita-cita mereka. Berikan mereka semangat dan motivasi agar mereka berani mengambil risiko dan pantang menyerah.

Baca Juga:  KIKIR ADALAH WATAK MANUSIA

Sedulur…
Mendidik anak di zaman sekarang adalah sebuah perjalanan yang penuh tantangan, namun juga penuh dengan kesempatan. Dengan pendekatan yang tepat, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang sukses, bahagia, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Ingatlah, anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Masa depan bangsa ada di tangan mereka. Oleh karena itu, marilah kita mendidik mereka dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan zamannya, agar mereka dapat menjadi pemimpin yang membawa bangsa ini menuju masa depan yang lebih gemilang.

“Children are the future. If we want to change the world, we need to start with our children”

Anak adalah masa depan. Jika kita ingin mengubah (masa depan) dunia maka mulailah dengan mengubah anak-anak kita (sekarang).

Salam inspirasi…!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *