Cara Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Pendidikan67 Dilihat

Fordem.id – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting dan wajib dikuasai oleh setiap individu di era saat ini. Belajar percakapan bahasa Inggris diperlukan agar kamu dapat dengan lancar berbicara dengan seseorang menggunakan bahasa Internasional ini.

Menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar akan memberikan kamu banyak manfaat. Mulai dari bisa mendapatkan skor TOEFL tinggi dan juga bermanfaat buat kamu yang akan masuk dunia kerja.

Skor TOEFL adalah bukti bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang diakui di berbagai negara. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, membutuhkan nilai TOEFL yang tinggi agar bisa diterima. Dengan menguasai bahasa Inggri, tentu akan memudahkan kamu dalam mengikuti tes TOEFL.

Manfaat dalam dunia kerja dimana saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan pegawai dengan kualifikasi menguasai bahasa Inggris.

Era globalisasi membuat bisnis berkembang lebih luas antar negara. Bahasa Inggris memiliki peran penting sebagai alat berkomunikasi karena sudah diakui sebagai bahasa internasional.

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kemampuan yang bisa kamu pelajari meliputi menulis (writing), membaca (reading), mendengarkan (listening), tata bahasa (grammar) dan juga berbicara (speaking).

Berbicara adalah kemampuan yang paling penting agar kamu bisa berkomunikasi dengan seseorang menggunakan bahasa Inggris.

Namun untuk menguasai kemampuan berbicara, tentu harus juga menguasai kemampuan lainnya karena saling terkait satu sama lain.

Kamu harus sering melatih kemampuan oral bahasa Inggris agar terbiasa dan dapat berbicara dengan baik dan benar.

Aktif dalam Percakapan atau Diskusi

Belajar percakapan bahasa Inggris dengan membiasakan berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris akan meningkatkan kemampuan speaking.

Namun untuk mulai menerapkan kemampuan ini, kamu perlu menguasai terlebih dahulu dasar-dasar dari bahasa Inggris seperti structure, vocabulary dan pronunciation.

Baca Juga:  Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

Dengan menguasai structure kamu bisa membuat kalimat dengan benar sesuai dengan kaidah dalam bahasa Inggris. Kemudian vocabulary juga perlu diperbanyak yang akan berguna ketika sedang berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Vocabulary atau kosakata bisa dipelajari melalui beberapa hal misal dari kamus atau dari berita bahasa Inggris yang kamu baca.

Mendengarkan musik bahasa Inggris juga akan menambah kosakata baru buat kamu. Cintailah hal-hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris agar kamu mudah dalam belajar bahasa ini.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencintai pelajaran, akan membuat kamu lebih mudah memahami pelajaran tersebut.

Kemudian pronunciation atau pelafalan juga perlu kamu kuasai agar ketika sedang berbicara, pengucapan kata atau kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Inggris.

Untuk pelafalan kata, kamu bisa belajar dari film berbahasa Inggris dengan melihat dan mendengarkan pengucapan yang benar.

Praktekan apa yang telah kamu pelajari dengan cara mulai membiasakan menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Akan lebih baik jika aktif dalam percakapan maupun diskusi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Percakapan atau diskusi akan membuat kamu terbiasa berbicara bahasa Inggris dan membantu kamu cepat menguasainya. Biasakan diri berperan aktif dalam percakapan agar kamu terbiasa berbicara dalam bahasa Inggris.

Membiasakan diri berbicara menggunakan bahasa Inggris atau belajar percakapan bahasa Inggris adalah cara terbaik yang bisa kamu coba agar lebih cepat menguasai bahasa Internasional ini.

Perhatikan Nada Pengucapan

Nada pengucapan kata dalam bahasa Inggris perlu diperhatikan dengan baik karena pengucapan atau pelafalan yang tidak sesuai bisa merubah arti. Pelafalan kata atau pronounciation merupakan bagian penting dalam berbicara bahasa Inggris.

Baca Juga:  PPMTQ Daarussalaam Slinga Purbalingga Langsungkan Program GDS

Belajar percakapan bahasa Inggris membutuhkan kemampuan pelafalan kata yang benar agar sesuai dengan kaidah.

Kamu bisa mempelajari nada pengucapan dengan mendengarkan orang yang berbicara dalam bahasa Inggris. Cara mempelajari nada pengucapan bisa dilakukan secara mandiri atau lewat kursus, berikut penjelasannya.

  1. Mandiri

Mempelajari nada pengucapan bisa dilakukan secara mandiri. Kemajuan teknologi internet mempermudah kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Kamu bisa memanfaatkan media seperti Youtube untuk belajar pronunciation dengan mendengarkan video materi yang berhubungan dengan pelafalan yang benar.

Saat ini ada banyak channel pilihan yang menyediakan pembelajaran bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan.

Dan pembelajaran dengan cara seperti ini tentu gratis tanpa harus mengeluarkan biaya, kamu hanya membutuhkan kuota internet saja.

  1. Kursus

Namun jika kamu ingin mempelajari pronunciation dengan lebih intens lagi, bisa juga mengikuti kursus bahasa Inggris.

Lembaga kursus biasanya menyediakan pembelajaran yang lebih sistematis dan memiliki strategi pembelajaran yang bisa membantu kamu cepat menguasai bahasa Inggris.

Tempat kursus juga memiliki tenaga pengajar yang ahli dalam bahasa Inggris. Selain itu, suasana di tempat kursus juga akan sangat mendukung dalam hal belajar dan tentu akan lebih memotivasi kamu dalam menguasai bahasa Inggris.

Model Syntactic Structure

Belajar percakapan bahasa Inggris juga harus memiliki dasar pengetahuan tentang grammar atau tata bahasa. Grammar berguna sebagai acuan dalam membuat kalimat yang benar sesuai dengan kaidah yang ada.

Pada umumnya, ada tiga hal pokok dalam membuat kalimat bahasa Inggris yang meliputi kalimat yang menunjukan keadaan masa lalu atau lampau, kalimat yang menunjukan keadaan saat ini dan juga kalimat yang menunjukan keadaan yang akan datang.

Ketiga kalimat tersebut harus dibuat dengan structure yang sesuai dengan kaidah dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:  UMP dari Akreditasi Unggul Menuju World Class University

Untuk mempelajari structure bahasa Inggris yang benar, bisa menggunakan model syntactic structure. Pelajari terlebih dahulu bagian-bagian dari kalimat yang meliputi subject, verb, noun, adverb dan juga struktur dari kalimat majemuk.

Dengan menggunakan model syntactic structure akan mempermudah kamu dalam menggolongkan mana yang subject, verb, noun dan adverb. Sehingga susunan kalimat yang dibuat sesuai dengan kaidah yang ada.

Bicara dengan Keras dan Artikulasi yang Jelas

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam belajar berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris adalah berbicara dengan keras serta artikulasi yang jelas.

Berbicara dengan keras akan membantu kamu mengetahui kata mana yang tidak sesuai dengan pelafalan yang benar.

Membaca dengan keras merupakan metode yang digunakan untuk mencari pelafalan atau pronunciation yang tidak sesuai. Metode ini kadang efektif digunakan dalam mempelajari berbicara bahasa Inggris.

Pastikan bahwa artikulasi atau pengucapan kata yang kamu ucapkan sudah benar sesuai kaidah. Artikulasi dalam bahasa Inggris sangatlah penting, karena jika salah bisa mengakibatkan lawan bicara tidak paham dengan maksud ucapanmu. Selain itu, artikulasi yang salah juga akan membuat makna atau arti kalimat berubah.

Demikian cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan oral bahasa Inggris. Berbicara bahasa Inggris tentu akan sulit dilakukan jika tidak mengetahui dasar-dasar dari bahasa ini.

Oleh karena itu, kamu wajib menguasai dasar bahasa Inggris terlebih dahulu agar bisa berbicara dengan benar.

Membiasakan diri berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris juga akan mempercepat kamu dalam menguasai bahasa. Bisa dikatakan bahwa membiasakan diri merupakan cara belajar percakapan bahasa Inggris yang efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *