Catatan Demokrasi Ekonomi

#MelekLiterasiDigital

Khazanah, Opini95 Dilihat

Khafid Sirotudin

Ketrampilan menulis, membaca & melek literasi media/digital sangat dibutuhkan pada : “Era Digital Media Komunikasi Informasi Edukasi Publik” jaman now.

Puluhan Milyar Informasi yang “benar atau salah, baik dan buruk, bermanfaat & madharat, shahih & dhaif, fakta ato hoax ” setiap hari menghampiri Sosmed, Warta-OL, Laman, Link- Portal Informasi, Promosi Produk, dsb.

Menyebarnya informasi yang BBM (Benar, Baik, Manfaat) riuh bercampur riya dan bergembira ria dengan konten yang SBM (Salah, Buruk, Madharat).

Kita seringkali terjebak dalam kesesatan era “post truth” dimana konten buruk, naif & dhaif sengaja diproduksi secara masif untuk mempengaruhi persepsi publik (konsumen).
Kita dapat menyaksikan betapa banyaknya jamaah youtubiyah, WA-iyah, sosmediyah bangga dan merasa berpahala menjadi bagian dari ahlul ghibah wal fitnah berjamaah.

Baca Juga:  TRANSFORMASI IDEOLOGI SEKULAR vs IDEOLOGI ISLAM

Potongan Konten dan Ajaran dari Kyai & Gali, Ustadz & Penjahat, Pesinden & Presiden, Rakyat dan Pejabat seakan berlomba mengejar kepuasan, ganjaran dan penghargaan dari Ideologi Baru berupa Kepopuleran Instantif atas kontetasi banyak- banyakan jumlah folllower/scriber/liker/viral/dll.

Jika kita tidak memiliki dan memahami “Ilmu, Norma dan Etika” dalam dunia Ilmu, Budaya dan Etika Jurnalistik, maka sejatinya kita belum “Melek Literasi Media”. Bisa jadi kita tidak sadar sedang terpapar Virus Jumud Millenial Digital.

Kami mengajak kita bersama untuk senantiasa belajar, belajar dan belajar, lalu beramal, beramal dan beramal meski hanya berupa satu tulisan “seuntai kalimat kebaikan” karya gerakan jari jemari diri kita.

Baca Juga:  Politisi Terkenal di Medsos Apakah Layak Coblos?

Jika jari jemari ibarat pisau, maka asal diasah secara bertahap, evolutif, konsisten, berkelanjutan, niscaya akan menghasilkan pisau yang tajam.

“Ajining diri seko obahing driji”
(Penghargaan terhadap diri tergantung dari gerakan jari jemari)

Mari bersama mewujudkan Semesta Digital dan Peradaban Melek Media. Mulai dari Sekarang, mulai dari Diri Sendiri, mulai dari yang Mudah, serta bisa dilakukan dari Rumah.

Salam Berkemajuan.
“Muhammadiyah Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”
😁🙏

#MuhasabahDiri
#Weleri13062024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *