Cara Cepat Belajar Vocabulary

Pendidikan82 Dilihat

Fordem.id – Belajar kosakata bahasa Inggris atau vocabulary merupakan salah satu cara agar bisa menguasai bahasa Inggris lebih cepat.

Dengan banyaknya kosakata yang kamu tahu, akan mempermudah dalam mengartikan tulisan bahasa Inggris.

Pentingnya belajar bahasa Inggris, membuat banyak orang ingin menguasai bahasa internasional ini untuk menunjang kehidupan baik yang masih sekolah ataupun sudah bekerja.

Kebutuhan akan penguasaan bahasa Inggris saat ini tidak memandang usia dan bukan hanya untuk pelajar saja, akan tetapi orang yang dewasa juga membutuhkan kemampuan ini untuk kepentingan pekerjaan maupun bisnis yang dijalankan.

Mempelajari bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya belajar secara mandiri. Kemajuan teknologi internet memudahkan manusia dalam berbagai hal, tak terkecuali belajar bahasa Inggris.

Saat ini sudah banyak materi pembelajaran di internet yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa belajar dari video pembelajaran di internet yang saat ini sudah banyak tersedia.

Kemudian cara berikutnya adalah dengan mengikuti kursus. Belajar bahasa Inggris lewat kursus tentu memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan belajar secara mandiri, karena proses pembelajaran akan lebih terarah dan sistematis.

Tempat kursus juga cocok buat kamu ingin belajar secara intens dan cepat bisa berbahasa Inggris. Tersedia tenaga pengajar profesional yang bisa membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris dengan mudah.

Selain itu, suasana di tempat kursus juga akan lebih memotivasi kamu dalam belajar karena kamu bukan hanya belajar sendiri akan tetapi secara berkelompok. Kamu akan menemukan teman baru yang sama-sama berjuang untuk bisa menguasai bahasa Inggris.

Pentingnya Memperkaya Vocabulary Bahasa Inggris

Salah satu hal yang penting dalam mempelajari bahasa Inggris adalah vocabulary atau kosakata. Belajar kosakata bahasa Inggris bertujuan untuk memperkaya vocabulary sehingga akan membantumu dalam mempercepat penguasaan bahasa Inggris.

Baca Juga:  SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga Buka Mapeta Hizbul Wathan

Semakin banyak vocabulary yang kamu miliki, maka akan semakin mudah untuk mengartikan tulisan maupun ucapan dalam bahasa Inggris. Kosakata bisa dijadikan sebagai dasar yang baik dalam mempelajari bahasa Inggris.

Hambatan Menghafal Vocabulary Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya

Belajar bahasa Inggris tentu memerlukan usaha yang maksimal dan tidak mudah, karena untuk mempelajari bahasa asing akan membutuhkan pengucapan atau pelafalan yang asing bagi lidah orang Indonesia.

Namun bagi yang serius ingin cepat menguasai bahasa Inggris, masalah tersebut bukanlah dianggap sebagai halangan akan tetapi tantangan yang harus dilalui dalam belajar kosakata bahasa Inggris.

Ada beberapa hambatan yang kadang muncul ketika belajar menghafal vocabulary. Akan tetapi hambatan tersebut sebenarnya bisa diatasi jika kamu bersungguh-sungguh dalam belajar. Berikut beberapa hambatan yang sering muncul dan cara mengatasinya.

  1. Kurang percaya diri

Rasa kurang percaya diri merupakan hambatan yang sering muncul khususnya bagi kamu yang baru akan belajar bahasa Inggris.

Terutama bagi yang belajar secara mandiri, kamu akan merasa tidak percaya diri dan takut melakukan kesalahan. Rasa tidak percaya diri merupakan perasaan yang muncul dari dirimu sendiri.

Namun perlu diingat bahwa setiap proses pembelajaran tidak selamanya berjalan dengan mulus, akan tetapi kadang dijumpai juga kesalahan dalam prosesnya. Maka dari itu anggaplah kesalahan adalah sesuatu yang wajar terjadi.

Kamu juga bisa belajar secara berkelompok lewat kursus untuk membiasakan berkomunikasi dengan orang asing yang dapat memotivasi kamu dalam belajar.

  1. Susah hafal vocabulary

Dalam proses belajar kosakata bahasa Inggris, kadang dijumpai kasus susah menghafal. Hal itu wajar saja, namun jika ternyata setelah sekian lama masih susah dalam menghafal, bisa jadi karena metode yang kamu gunakan tidak cocok dengan diri kamu. Solusi terbaik adalah mencoba metode menghafal lain yang lebih cocok.

  1. Kesulitan pelafalan
Baca Juga:  Tips Lolos Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

Pelafalan dalam bahasa Inggris memang sulit diucapkan bagi kamu yang baru belajar bahasa Inggris. Akan tetapi, jika sudah terbiasa masalah ini akan terselesaikan dengan sendirinya.

Kamu bisa mendengarkan musik atau menonton film berbahasa Inggris untuk mempermudah kamu dalam belajar pelafalan yang benar.

Itulah beberapa kesulitan yang kadang muncul dalam proses belajar vocabulary bahasa Inggris dan cara mengatasinya.

7 Cara Menambah Vocabulary Bahasa Inggris Kamu

Untuk menambah vocabulary bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut 7 cara menambah vocabulary atau belajar kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu coba meliputi:

  1. Baca tulisan bahasa Inggris

Seringlah membaca tulisan berbahasa Inggris baik itu dalam buku atau berita. Dalam membaca tentu akan menemukan kosakata baru yang belum kamu ketahui artinya. Carilah arti kata tersebut bisa lewat kamus atau Google translate.

  1. Manfaatkan sosial media

Sosial media jangan cuma dijadikan sebagai hiburan saja, tetapi manfaatkan untuk menambah kosakata baru dengan mengikuti akun-akun pembelajaran bahasa Inggris. Dengan demikian kamu akan mendapatkan kosakata baru setiap harinya.

  1. Percakapan dengan bahasa Inggris

Percakapan bisa lewat chat ataupun panggilan yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah vocabulary. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dengan menambah teman dari luar negeri.

Mulailah melakukan obrolan dengan bahasa Inggris dan jika kamu tidak paham, bisa mencari di kamus atau Google translate.

  1. Latihan soal
Baca Juga:  Politeknik Madyathika di Purbalingga Resmi Beroperasi

Latihan soal bahasa Inggris juga bisa menambah vocabulary kamu. Kamu akan menemukan kata baru yang belum kamu ketahui artinya.

  1. Manfaatkan smartphone

Untuk menambah vocabulary juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan smartphone dengan mengubah settingan bahasa menjadi bahasa Inggris.

  1. Manfaatkan aplikasi

Saat ini banyak aplikasi yang dikhususkan untuk belajar bahasa Inggris dan dapat dimanfaatkan untuk menambah vocabulary kamu. Aplikasi bisa dalam bentuk modul pembelajaran dan juga game menarik.

Mendengarkan musik dan film berbahasa Inggris

Dengan mendengarkan dan menonton film berbahasa Inggris akan membuat vocabulary kamu bertambah banyak. Selain sebagai sarana hiburan, kamu juga akan mendapatkan manfaat sebagai sarana belajar bahasa Inggris yang menyenangkan.

  1. Kursus bahasa Inggris

Kursus bahasa Inggris juga akan menambah vocabulary. Bukan hanya itu saja, akan tetapi kamu juga akan lebih intens dalam belajar bahasa Inggris.

Pembelajaran juga akan lebih sistematis dan terarah sehingga kamu akan dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Salah satu rekomendasi tempat kursus atau belajar bahasa Inggris adalah Kampung Inggris LC.

Belajar Bahasa Inggris Lebih Seru di Kampung Inggris LC!

Bagi kamu yang ingin lebih serius dalam belajar bahasa Inggris, bisa belajar langsung di Kampung Inggris LC yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dengan strategi pembelajaran menarik dan tenaga pendidik profesional.

Selain itu, suasana di Kampung Inggris LC juga sangat kondusif untuk belajar dan akan memberikan kamu motivasi dalam belajar.

Dan yang paling menarik, di lingkungan Kampung Inggris LC diwajibkan menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Kamu akan terbiasa berbicara bahasa Inggris dan belajar kosakata bahasa Inggris lebih banyak dalam kesehariannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *