Sifat-sifat Wajib Bagi Seorang Wirausaha

Ekonomi39 Dilihat

Fordem.id – Pademi covid-19 membuat banyak perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia mengalami kerugian.

Akibatnya, banyak perusahaan yang melakukan PHK kepada karyawan karena tidak bisa menutup kerugian yang dialami. Covid-19 membuat perekonomian terpuruk dan mengakibatkan bertambahnya pengangguran.

Namun bagi orang yang memiliki sifat-sifat wirausaha, apa yang terjadi malah memotivasi untuk membuat sebuah usaha baru.

Covid-19 menjadi tantangan baru untuk menciptakan sebuah usaha yang bisa survive dan juga menciptakan lapangan kerja. Salah satu contoh bisnis yang berkembang saat pandemi adalah penjualan online lewat marketplace.

Penjualan online berkembang dengan sangat pesat dan memunculkan wirausaha-wirausaha baru. Banyak orang yang sukses memanfaatkan perubahan pola masyarakat yang beralih dari berbelanja offline menjadi online. Perubahan itu berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh orang yang memiliki jiwa wirausaha.

Penjelasan Apa itu Wirausaha?

Wirausaha merupakan gabungan dari dua suku kata yaitu wira yang berarti pejuang atau pahlawan dan usaha yang berarti sebuah perbuatan atau bekerja.

Jadi bisa disimpulkan bahwa wirausaha adalah orang yang memiliki inisiatif berusaha untuk membuat produk atau memasarkan produk agar dapat menghasilkan uang.

Di era digital ini telah banyak memunculkan wirausaha baru dan membuat persaingan bisnis menjadi lebih ketat. Kemajuan teknologi membuat siapa saja bisa belajar dan menciptakan usaha baru dengan mudah.

Baca Juga:  Pilihan Terbaik Investasi Properti di Bali

Banyak juga platform marketplace yang menjadi tempat gratis untuk para wirausaha dalam menjalankan bisnis yang tentu membuat persaingan lebih ketat.

Faktanya tidak semua yang berwirausaha akan sukses dalam menjalankan bisnisnya. Namun bagi orang yang memiliki sifat-sifat wirausaha hal itu bukanlah sebuah masalah, karena sebuah usaha pasti tidak akan selalu berjalan mulus dan menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk berusaha lebih baik lagi.

Sifat-sifat Wirausaha

Menjadi seorang wirausaha bisa dilakukan oleh semua orang, tetapi tidak semua wirausaha akan sukses dalam bisnisnya. Calon wirausaha sukses adalah seseorang yang memiliki sifat-sifat wirausaha yang meliputi:

  1. Percaya diri

Seorang wirausaha harus memiliki sifat percaya diri. Wirausaha harus selalu optimis dan yakin bahwa apa yang akan menjadi usahanya akan sukses.

Dalam memulai sebuah usaha tentu tidaklah akan selalu berjalan dengan mulus, akan ada masa ketika hambatan muncul dan membuat kamu tidak percaya akan usahamu.

Namun bagi orang yang percaya pada diri sendiri, hal itu bukanlah sebuah hambatan yang bisa menghentikan usahamu.

  1. Orientasi pada hasil
Baca Juga:  Tips Membuka Usaha Warung Makan

Orientasi pada hasil juga merupakan sifat yang perlu dimiliki oleh calon wirausaha. Kamu harus selalu mengedepankan ketekunan, kerja keras dan memiliki dorongan yang kuat untuk meraih tujuan atau hasil yang ingin dicapai.

  1. Berani mengambil resiko

Seorang wirausaha juga harus berani mengambil resiko. Setiap usaha yang dijalankan pasti akan memiliki sebuah resiko yang harus dihadapi.

Kamu harus memikirkan strategi yang matang agar dapat meminimalisir resiko yang kemungkinan akan muncul.

  1. Visioner

Kemampuan untuk dapat melihat peluang di masa depan atau visioner harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Kamu harus bisa memprediksi apakah usaha yang sedang dijalankan memiliki potensi yang bagus dimasa depan atau tidak. Selain itu, kamu juga harus menetapkan langkah-langkah yang akan dilakukan kedepannya.

  1. Berorientasi pada orang

Wirausaha dalam menjalankan usaha harus berorientasi pada orang lain. Maksudnya harus bisa memprediksi apa yang banyak dibutuhkan oleh kebanyakan orang dan belum memiliki banyak pesaing. Dengan demikian maka usaha yang kamu lakukan akan lebih berpotensi berhasil.

  1. Mengikuti perkembangan zaman

Seorang wirausaha juga harus mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan apa yang terjadi pada masyarakat umumnya. Misal saat ini sedang tren penjualan secara online lewat marketplace, wirausaha harus bisa mengikuti tren tersebut agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya.

  1. Kepemimpinan
Baca Juga:  Cara Mendatangkan Konsumen Baru

Sifat yang terakhir yang wajib dimiliki oleh seorang wirausaha adalah kepemimpinan. Jiwa seorang pemimpin harus ada dari diri kamu karena itu akan sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Seorang yang memiliki jiwa ini akan memiliki karisma dan tidak hanya mengikuti orang lain.

Kamu akan dapat menciptakan ide baru yang fresh dan memiliki peluang yang bagus. Selain itu, jika usaha yang kamu jalankan berkembang dengan baik, maka kamu akan dapat mengorganisir tim atau karyawan dengan baik.

Penutup

Menjadi wirausaha merupakan peluang bagi setiap orang. Namun untuk menjadi wirausaha yang sukses perlu memiliki sifat-sifat wirausaha agar peluang keberhasilan sebuah usaha lebih besar.

Selain itu perlu juga belajar dari orang yang telah sukses menjalankan bisnis agar kamu termotivasi dan lebih bersemangat.

Seorang wirausaha juga harus pintar memanfaatkan peluang yang ada dan terus melakukan inovasi dalam bisnis yang dijalankan agar memiliki nilai lebih dari kompetitor.

Dan yang paling penting adalah terus bersemangat dan pantang menyerah dengan apa yang sedang dijalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *