JANGAN PERNAH MENUNDA PEKERJAAN

Khazanah, Opini126 Dilihat

Lukman Hakim

Life is what you make it : if you snooze, you lose; and if you snore, you lose more.
(Kehidupan itu tergantung cara kita menjalaninya. Jika kita suka menunda maka kekalahan yang kita dapatkan, jika kita suka meninggalkan pekerjaan, kekalahan yang lebih parah yang menyergap kita)

Seringkali kita tidak sadar bahwa 10 menit pertama kita bangun di pagi hari itu sangat penting dan sangat menentukan kualitas hidup kita selama satu hari penuh. Juga akan menentukan kualitas masa depan kita.

Baca Juga:  Mengubah Wajah Pendidikan Indonesia: Menolak Komersialisasi dan Mengadvokasi Pendidikan Berkualitas

NO SNOOZE
Ketika alarm jam berbunyi akhirnya di ‘snooze’ dipencet 5 menit lagi, 5 menit lagi, 5 menit lagi. Walaupun sebenarnya kita sadar bahwa bunyi alarm tersebut merupakan reminder bahwa ada hal penting yang harus kita kerjakan pada waktu tersebut, dan ada rentetan kegiatan lain yang sudah terjadwal.

Kenyataannya manusia tidak cuma punya logika, tapi juga memiliki perasaan. Ketika alarm berbunyi, pikiran kita tahu harus bangun pagi, namun perasaan kadang lebih mendominasi.
Akhirnya yang terjadi alarm jam ditunda atau di-snooze 5 menit.

Jika hal begini terus dilakukan, maka akan terpola dalam siklus hidup kita. Lalu terbentuklah konsep hidup yang disebut PROCRASTINATION.

Baca Juga:  MEMAHAMI KEMISKINAN

Sedulur…
Pada era 80-an, saat saya masih menjadi seorang bocah, melalui radio, saya sering mendengar BIMBO mendendangkan tembang :
Berbuat baik janganlah ditunda- tunda”.
Karena sesungguhnya “Never put off until tomorrow what you can do today
(Jangan pernah menunda sampai besok apa yang bisa kita kerjakan hari ini)

Mari kita hindari sikap ‘procrastinate’ agar kita menjadi sekelompok orang yang terbiasa mensegerakan untuk berbuat kebaikan.

Elha#003 : 29 April 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *