Apel Siaga Pengawasan Pemilu, Bentuk Kesiapan dan Komitmen Bawaslu Purbalingga

Berita729 Dilihat

Fordem.id – Bawaslu Kabupaten Purbalingga melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 bertempat di GOR Goentoer Darjono Purbalingga. Apel dilaksanakan pada Minggu, 19 November 2023 dimulai pukul 09.00 wib.

Bawaslu Kabupaten Purbalingga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengikuti kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu Ini. Baik Panwaslu Kecamatan dan sekretariat Panwaslu Kecamatan beserta Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Purbalingga.

Tidak hanya jajaran Bawaslu Kabupaten Purbalingga, dari unsur Forkopimda seperti Bupati Purbalingga, Kapolres Purbalingga, Dandim 0702 Purbalingga, Kejaksaan Negeri Purbalingga, Danlanud JB Soedirman, KPU Kabupaten Purbalingga dan instansi terkait lainnya juga turut diundang untuk menghadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu. Bahkan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Purbalingga juga menghadiri kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilu ini.

Baca Juga:  DPT Pemilu 2024 di Kabupaten Klaten, Alokasi Kursi dan Dapil

Sebelum pelaksanaan Apel Siaga Pengawasan Pemilu dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan talkshow dengan Narasumber dari Polres Purbalingga, Badan Kesbangpol Purbalingga, dan Satpol PP Purbalingga. Begitu banyak pertanyaan dan diskusi yang disampaikan oleh Peserta Apel Siaga Pengawasan Pemilu dan juga oleh Para Narasumber. Diantaranya ialah komitmen netralitas ASN yang akan dipegang teguh dimasing-masing lembaga semata-mata untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan juga bagaimana agar tingkat partisipasi Masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 tinggi.

Sebagai Pembina Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024, Misrad, SE (Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga) dalam amanatnya menyampaikan beberapa poin penting. Bagaimana menciptakan pengawasan Pemilu yang Humanis, Pengawasan yang Tematik (Telinga, Mata Tidak Keliru), Kesiapan jajaran Pengawas Pemilu, perlengkapan apa saja yang harus dibawa jajaran Pengawas Pemilu saat melakukan pengawasan.

Baca Juga:  Dewan Pimpinan Daerah IMM Jateng Songsong Pemilu 2024 Yang Berkeadaban

Dia juga menambahkan bahwa “kehadiran jajaran Pengawas Pemilu diitempat kegiatan kampanye nantinya bukan untuk mencari-cari pelanggaran ataupun kesalahan, namun memastikan tidak ada pelanggaran pada saat pelaksanaan kampanye dengan mengedepankan upaya dan fungsi pencegahan”, tambah Misrad dalam amanat Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024.

Selain Ketua Bawaslu Kabupaten Purbalingga, sambutan juga disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Purbalingga Yani Sutrisno Udi Nugroho, S.Sos yang dalam hal ini mewakili Bupati Purbalingga dan juga oleh Kapolres Purbalingga, AKBP Hendra Irawan, SIK.

Baca Juga:  Akustik Kabut Lembut di FGS Dihadiri Ribuan Pengunjung

Setelah Apel Siaga Pengawasan Pemilu selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas yang ditandatangani oleh Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Forkopimda dan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Purbalingga yang hadir serta pelepasan burung merpati sebagai simbolik.

Apel Siaga Pengawasan Pemilu ini merupakan bentuk kesiapan dan komitmen Bawaslu Kabupaten Purbalingga dan jajarannya dalam mengawasi Pemilu Tahun 2024 untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas, jujur dan adil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *