Akhir Masa Jabatan, KPU Purbalingga Beri Nasihat Kepada PPK

Berita37 Dilihat

Fordem.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga menggelar rapat Kerja Evaluasi Laporan Tahapan dan Laporan Kinerja Badan Adhoc untuk Pemilihan Umum 2024.

Rapat dihadiri seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Aula KPU Purbalingga.

Kegiatan ini merupakan rapat terakhir Komisioner KPU Purbalingga yaitu Eko Setiawan, Zamaahsari A. Ramzah dan Catur Sigit Prasetyo, bertepatan dengan akhir masa jabatan, 23 Oktober 2023.

Ketua KPU Purbalingga, Eko Setiawan mengatakan peran PPK dalam mensosialisasikan tahapan Pemilu perlu ditingkatkan lagi.

“PPK harus aktif melakukan sosialisasi, terutama melalui media sosial demi suksesnya Pemilu 2024,” kata Eko.

Baca Juga:  Silaturahmi BEM PTMI Purbalingga Bahas Isu-isu Daerah dan Membangun Jaringan Antar Organisasi Kampus

Kemudian, Zamaahsari A. Ramzah berpesan, PPK harus memahami Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) agar dalam melaksanakan tahapan Pemilu sesuai dengan ketentuan.

“Terutama PKPU Tungsura nantinya agar tidak terjadi kesalahan pada saat pemungutan dan penghitungan suara yang dapat menimbulkan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” katanya.

Catur Sigit Prasetyo juga berpesan agar PPK dapat menjaga kerahasiaan data pemilih, terutama data pribadi.

“Jika ada pihak-pihak yang meminta data terkait pemilu, koordinasi dengan KPU Kabupaten terlebih dahulu. Hal itu perlu untuk menghindari kebocoran data.”  Kata Catur.

Baca Juga:  Banjir Konten Politik, Dua Bacapres Naik Haji

Rapat juga dihadiri oleh mantan Anggota KPU Purbalingga Mey Nurlela yang kini menjabat sebagai Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah.

Mey memberi nasihat kepada PPK agar dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu harus menjaga integritas dan bersikap netral. Selain itu, dia juga berpesan agar menjalin kerjasama dan hubungan yang baik.

“Sehingga dalam menjalankan tugas akan lebih mudah dan tercipta hubungan erat seperti keluarga,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *