TATA LETAK NAFSU

Khazanah, Opini91 Dilihat

Margo Hutomo

Dalam kitab Qotrul Ghaist disebutkan titik-titik nafsu pada tubuh manusia.

1. Nafsu Ammarah
Letaknya di bagian dada agak sebelah kiri. Tabiatnya senang berlebih-lebihan, royal, hura-hura, serakah, dengki, dendam, iri, membenci orang, tidak tahu kewajiban, sombong, tinggi hati, senang menuruti syahwat, suka marah-marah dan akhirnya gelap tidak mengetahui Tuhannya.

2. Nafu Lawwamah
Letaknya di dalam hati sanubari di bawah susu yang kiri kira-kira dua jari. Tabiatnya acuh, senang memuji diri, pamer, senang mencari aib orang lain, senang menganiaya, berdusta, pura-pura tidak tahu kewajiban.

Baca Juga:  Pentingnya Pendidikan Politik untuk Memperkuat Pemilu

3. Nafsu Mulhimah
Tempatnya kira-kira dua jari ke arah susu yang kanan dari tengah dada. Tabiatnya suka memberi, sederhana, menerima apa adanya, belas kasih, lemah lembut, merendahkan diri, tobat, sabar dan tahan menghadapi kesulitan serta siap menanggung betapa berat dan lelahnya melaksanakan kewajiban.

4. Nafsu Muthmainnah
Letaknya di dalam rasa kira-kira dua jari ke arah susu kiri dari tengah-tengah dada. Tabiatnya senang bersedekah, tawakkal, senang ibadah, senang bersyukur kepada Tuhan, ridha kepada hukum ketentuan Allah dan takut kepada-Nya.

5. Nafsu Radhiyah
Tempatnya di dalam hati nurani dan di seluruh jasad. Tabiatnya pribadi yang mulia. zuhud, ikhlas, wara’, riyadhah dan tepat janji.

Baca Juga:  Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024

6. Nafsu Mardhiyah
Tempatnya dialam yang samar, mengarah kira-kira dua jari ke tengah dada. Tabiatnya bagus budi pekerti, bersih dari segala dosa, senang mengajak dan memberi nasihat kepada semua makhluk.

7. Nafsu Kamilah
Tempatnya di alam yang samar di tengah dada. Mengarah di kedalaman dada yang paling dalam. Tabiatnya: ilmu yakin, ainul yakin dan haqqul yakin.
Wallahu A’lam

Batang, 21 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *