#Teacher’s Inspiration Serial 04
Oleh: Lukman Hakim
Fordem.id – Dalam dinamika pendidikan yang terus berubah, hadirnya guru-guru positif menjadi harapan besar bagi kemajuan sekolah. Bukan hanya soal kemampuan mengajar di kelas, tetapi tentang bagaimana seorang guru memberi warna pada budaya sekolah secara keseluruhan.
Seperti yang disampaikan oleh Steele (2022:5):
“Positive teachers don’t just make a difference in their classroom … they make a difference in their school’s culture.”
“Guru yang positif tidak hanya membuat perbedaan di ruang kelas mereka… guru juga membuat perbedaan dalam budaya sekolah.”
Guru yang demikian adalah pribadi yang mampu melihat lebih jauh dari sekadar kurikulum dan jadwal pelajaran. Ia adalah nahkoda yang tak hanya mengarahkan biduk kecil di tengah riuh gelombang pendidikan, tetapi juga mampu menunjukkan arah kepada kapal-kapal layar yang lebih besar. Dengan kehadirannya, ia menjadi kompas bagi guru lain, menjadi inspirasi bagi siswa, dan menjadi penggerak perubahan dalam ekosistem sekolah.
Menjadi guru positif bukan berarti selalu ceria tanpa beban, tapi mampu menghadirkan semangat, solusi, dan harapan bahkan dalam kondisi penuh tantangan. Guru seperti ini memahami bahwa perubahan budaya sekolah dimulai dari sikap, keteladanan, dan konsistensi kecil yang dilakukan hari demi hari.
Maka, marilah kita menjadi bagian dari guru-guru pembeda itu. Guru yang tak hanya menyalakan pelita di kelas, tetapi juga menerangi koridor-koridor sekolah dengan nilai, semangat, dan budaya yang menghidupkan.
Karena pada akhirnya, budaya sekolah bukan dibentuk oleh kebijakan semata, tetapi oleh jiwa-jiwa positif yang tak lelah mencintai dan memperjuangkan pendidikan.