Pentingnya Customer loyalty dalam Bisnis

Fordem.id – Dalam dunia bisnis, memiliki pelanggan loyal tentu akan sangat menguntungkan. Pelanggan loyal atau sering disebut customer loyalty merupakan pelanggan yang menikmati produk atau layanan bisnis yang kita jalankan. Semakin banyak pelanggan tentu bisnis akan semakin berkembang.

Di era modern saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan membutuhkan upaya maksimal agar bisnis tetap bisa berjalan dan bersaing dengan kompetitor.

Tanpa adanya perencanaan bisnis yang matang, peluang untuk bisnis dapat bertahan tentu akan semakin kecil. Strategi bisnis perlu dibuat agar bisa bersaing dan memajukan bisnisnya.

Oleh karenanya, penanganan atau service kepada konsumen harus secara maksimal agar konsumen merasa puas menggunakan atau membeli produk bisnis kita.

Dengan pelayanan yang baik, tentu customer akan terpuaskan dan kembali menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan. Hal ini juga akan berdampak baik pada brand yang kita miliki.

Pelayanan yang baik akan menciptakan hubungan emosional antara pelaku bisnis dan konsumen. Konsumen akan menganggap bahwa kita merupakan rekan bisnis yang sama-sama menguntungkan dan saling membutuhkan satu sama lain.

Selain itu, konsumen yang sudah setia kepada brand kita tentu akan berpeluang merekomendasikan brand kepada orang lain. Untuk jangka panjang akan sangat baik untuk masa depan bisnis yang kita jalankan.

Fungsi Customer loyalty

Fungsi utama dari customer loyalty merupakan menjaga konsumen agar tetap menggunakan brand yang kita jual. Tanpa adanya konsumen tetap, sudah tentu tidak akan membuat bisnis dapat berjalan dengan lancar. Konsumen tetap memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis.

Konsumen tetap akan membuat kelangsungan bisnis tetap berjalan. Konsumen yang sudah menjadi langganan brand akan terus menjadi pelanggan setia yang menjadi sumber pendapatan. Berbeda dengan konsumen baru yang belum tentu akan melakukan pembelian berulang.

Baca Juga:  Tips Membuka Usaha Warung Makan

Strategi meningkatkan customer loyalty

Customer loyalty merupakan bagian dari bisnis yang perlu diperhatikan baik-baik agar bisnis bisa berkembang. Diperlukan cara-cara khusus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yang diantaranya meliputi:

Pertama, cari tahu alasan kenapa brand kita disukai oleh pelanggan. Hal ini perlu dilakukan agar tahu kelebihan dari brand yang kita miliki jika dibandingkan dengan kompetitor.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, bisa melalui survei kepuasan pelanggan lewat lembaga survei atau sosial media. Langkah ini wajib dilakukan untuk pengembangan bisnis yang lebih berkembang.

Kedua, membuat sebuah loyalty program untuk mendatangkan pelanggan baru. Salah satu indikator maju atau tidaknya sebuah bisnis merupakan jumlah konsumen.

Dengan melakukan cara yang kedua ini, tentu akan mendapatkan konsumen loyal baru dan brand kita akan semakin laku di pasaran.

Ketiga, kembangkan bisnis yang berorientasi terhadap pelanggan. Brand agar diterima di masyarakat, tentu merupakan produk yang banyak dicari dan dibutuhkan.

Kumpulkan data-data konsumen misal mulai dari apa yang dibutuhkan, masalah apa yang mereka hadapi dan cara untuk menyelesaikan. Buatlah produk yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat agar laku di pasaran.

Keempat merupakan menjaga kualitas dari produk. Ada pepatah yang mengatakan menjaga itu lebih susah daripada menciptakan sesuatu yang baru.

Apa yang sudah menjadi kelebihan bisnis kita daripada kompetitor harus dijaga baik-baik agar konsumen tidak berpaling dari produk kita.

Kelima merupakan yang terpenting dalam memajukan sebuah bisnis yaitu dengan melakukan inovasi. Inovasi merupakan salah satu yang terpenting, buatlah penemuan baru yang bisa membuat pelanggan semakin loyal terhadap brand kita.

Baca Juga:  Tips dalam Mengatur Keuangan

Kadang hilangnya pelanggan itu karena kompetitor yang menemukan terobosan baru dan menjadikan mereka lebih unggul, sehingga diperlukan tim riset yang mumpuni untuk terus memajukan brand.

Contoh Customer loyalty program

Seperti yang telah dijelaskan diatas, customer loyalty merupakan cara terbaik untuk mengembangkan bisnis. Dengan pelayanan yang baik, akan berdampak positif terhadap brand yang kita miliki.

Brand loyalty merupakan perilaku konsumen yang secara kontinu dan akan berkomitmen terus menggunakan brand yang kita tawarkan.

Ada berbagai macam cara untuk meningkatkan kepuasan konsumen yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis. brand loyalty program merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada konsumen karena telah setia menggunakan brand yang kita.

Bentuk penghargaan atau contoh customer loyalty program bisa berbagai macam seperti memberikan diskon, voucher ataupun penawaran menarik lainnya.

Penghargaan pada konsumen memang perlu dilakukan untuk mengenalkan produk ke masyarakat. Walaupun mengurangi pendapatan, tetapi bisa meningkatkan penjualan.

Namun untuk menjalankannya perlu sebuah perhitungan yang matang. Pastikan bahwa biaya promosi yang digunakan tidak membuat bisnis kita menjadi rugi.

Dengan demikian konsumen akan lebih senang dan berpeluang menjadi pelanggan tetap yang menggunakan brand kita. Semakin banyak konsumen yang membeli brand tentu akan semakin maju sebuah bisnis.

Dalam dunia teknologi contohnya merupakan Apple. Perusahaan telah memiliki banyak sekali pelanggan setia. Setiap ada rilis produk baru yang ditawarkan, banyak konsumen setianya yang rela mengantri demi mendapatkan produk tersebut.

Customer loyalty merupakan sesuatu yang ingin diraih oleh para pelaku bisnis. Ada berbagai macam bentuk yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pelanggan selain yang dijelaskan di atas dan terbukti sukses untuk mengikat pelanggan.

Baca Juga:  Purbalingga Jalin Kerjasama Pembiayaan Usaha Mikro dengan PIP

Pertama merupakan dengan program membership. Program ini merupakan salah satu program yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis besar.

Seperti contohnya perusahan retail terbesar di Indonesia Alfamart dan Indomart. Mereka mengeluarkan program membership dalam sebuah aplikasi android yang bisa digunakan oleh para pelanggan setianya.

Dalam program membership tersebut, pelanggan akan memperoleh poin atau diskon khusus yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Cara tersebut terbukti sukses untuk mengikat konsumen setia dan juga menambah konsumen baru yang membuat bisnis semakin  berkembang pesat.

Kedua merupakan dengan menyelenggarakan sebuah event untuk pelanggan. Event bisa berbagai macam bentuknya, tergantu dari target pasar dari brand yang kita jual.

Misal bisnis kita di jaringan telekomunikasi, bisa membuat event atau mensponsori event game seperti Mobile Legends.

Memang membuat sebuah event memerlukan biaya, tetapi secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness produk kita dan dapat mendapatkan konsumen baru.

Ketiga merupakan mengadakan sebuah promosi menarik. Promo bisa berupa diskon atau bentuk lainnya. Misalkan beli produk 3 macam akan mendapatkan bonus 1 produk gratis.

Buatlah promo yang menarik untuk konsumen. Selain menjaga konsumen lama juga dapat mendatangkan konsumen baru.

Menjaga customer loyalty merupakan tugas utama yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Berkembang atau tidaknya sebuah bisnis memiliki ketergantungan dari konsumen yang dimiliki.

Selain menjaga konsumen agar tetap setia pada brand yang kita jual, menambah konsumen baru juga perlu dilakukan oleh pelaku bisnis.

Konsumen baru merupakan sumber pendapatan baru yang bisa meningkatkan bisnis yang kita jalankan. Semakin banyaknya konsumen yang dimiliki akan semakin membuat bisnis berkembang lebih pesat dan membuat masa depan perusahaan lebih cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed