Serahkan Estafet Tunas Kelapa, Kak Sudono : Pramuka Berkembang dan Membantu Masyarakat

Berita110 Dilihat

Fordem.id – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga menyerahkan pasukan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke Kabupaten Pemalang. Timbang terima pasukan ETK ke-38 Kwarda Jateng 2023 ini ditandai dengan penyerahan tunas kelapa dari Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Purbalingga Kak Sudono yang mewakili Mabicab Purbalingga Kak Dyah Hayuning Pratiwi kepada Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Pemalang Mansur Hidayat.

Kak Sudono berpesan, gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana diharapkan dapat terus berkembang serta turut membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya, dalam pembentukan karakter generasi muda.

“Gerakan Pramuka harus terus berkembang seiring dengan era digitalisasi saat ini. Bagaimana Pramuka memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk meluaskan manfaatnya di tengah masyarakat,” ujar Kak Sudono di sela-sela kegiatan serah terima pasukan ETK di Desa Gombong, Kecamatan Belik, Pemalang, Senin (28/08/2023).

Baca Juga:  Mapeta Hizbul Wathan Qobilah AR Fahrudin SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga Gembleng Mental Bela Negara Siswa

Timbang terima tunas kelapa terlaksana di perbatasan dua wilayah Kwarcab, yakni di Desa Kutabawa Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga dan Desa Gombong, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang.

“Kepada Kwarcab Pemalang, timbang terima tunas kelapa dengan pasukan ETK untuk melanjutkan sampai tujuan,” kata Kak Sudono yang juga Wakil Bupati Purbalingga.

Kak Mansur yang menerima timbang terima mengatakan, Kwarcab Pemalang siap melanjutkan sampai tujuan. “Kwarcab Pemalang siap melanjutkan ETK sampai tujuan,” kata Kak Mansur yang juga selalu Plt Bupati Pemalang.

Untuk diketahui, usai serah terima ETK dari Kabupaten Banjarnegara ke Kabupaten Purbalingga di Desa Panunggalan Kecamatan Pengadegan pada Sabtu (226/8/2023) lalu, pasukan langsung bergerak menuju Kecamatan Rembang.

Baca Juga:  Bupati Purbalingga Ingatkan Pesan Bung Karno Saat Hadiri Ruwat Bumi

“Pasukan ETK bermalam di Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman (MTL),” Ketua Kwarcab Purbalingga Tri Gunawan Setyadi.

Keesokan hari (Minggu, red), kata Kak Tri Gunawan, pasukan ETK menyusuri sejumlah kecamatan di Purbalingga. Mengambil titik awal dari Kecamatan Rembang, Karangmoncol, Kertanegara, Karanganyar, dan Bobotsari.

“Pasukan melanjutkan perjalanan pada Senin (28/8/2023) pagi hari dari Bobotsari menuju Mrebet, Karangreja, dan titik kumpul di Pemalang,” kata Tri Gunawan Setyadi yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga.

Untuk diketahui, ETK merupakan tradisi sekaligus ciri khas dari kegiatan kepramukaan di Jateng yang sudah dimulai sejak 1979. Tahun ini, sebanyak 14 daerah ditunjuk sebagai titik pemberangkatan ETK menuju titik kumpul di Kabupaten Pemalang, Jateng, sebagai puncak kegiatan.

Baca Juga:  Nama Calon Anggota Bawaslu Terpilih Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Banyumas

Pemilihan pasukan tersebut juga bukanlah secara sembarangan, mengingat bekal. kedisiplinan, fisik dan latihan ekstra harus terus dilakukan agar sukses melaksanakan tugas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *