Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Sirampog, Wujud Amal Nyata Untuk Masyarakat

Berita88 Dilihat

Muhammad Adam Ilham Mizani

Brebes-Pengajian rutin ahad kliwon dan hari bermuhammadiyah Cabang Sirampog. Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Manggis menjadi tuan rumah, acara ini berlangsung  pada Minggu (2/6) di halaman SMK Muhammadiyah 1 Sirampog (SMK Musasi). Dalam acara ini,hadir sebagai pembicara  Agus Taufiqurrahman ( Ketua PP Muhammadiyah Bidang MPKU, MPS & LRB ) dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)  Kabupaten Brebes , Ketua MPKU PDM Brebes, , Fokrompimcam Sirampog, Pleno PCM, PCA, PCNA dan PCPM Sirampog, Kepala Desa Kaliloka,Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan AUM serta  Seluruh Pimpinan Ranting dan Warga Muhammadiyah Se-Cabang Sirampog.

Susunan acara kegiatan tersebut diantaranya, kegiatana pra- acara dengan penampilan-penampilan, dari siswa-siswi KB Taruna Melati, TK ABA Manggis, MI Muhammadiyah Manggis, SMP Muhammadiyah 2 Sirampog dan SMK Muhammadiyah 1 Sirampog, yang menampilkan marching band, gerak lagu dan tari kreasi, ditengah acara ada penampilan musikalisasi puisi untuk Palestina,pidato bahasa Inggris dan tahfidz.

“Selamat datang kepada pembicara, tamu undangan dan jama’ah di PRM Manggis, boleh dikata PRM Manggis ini Ranting yang memiliki AUM terlengkap baik dari PAUD sampai Tingkat atas, ada juga untuk tahun ajaran 2024-2025 ini PRM Manggis melalui SMK Muhammadiyah 1 Sirampog dipercaya oleh PCM untuk menyelenggarakan kelas Asrama dan kedepan akan menjadi boarding,” ucap Jubaedi Selaku Ketua PRM Manggis.

Baca Juga:  Panwascam Bojongsari Dampingi Satpol PP Tertibkan APS yang Melanggar

Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Manggis juga melaporkan terkait keberadaan Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Sirampog yang akan berdiri di tanah wakaf milik PRM Manggis. Keberadaan Klinik tersebut berada di ditanah wakaf PRM manggis dan di miliki oleh semua warga Muhammadiyah Cabang Sirampog untuk dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat pada umumnya.

“Pentingnya bermuhammadiyah secara lurus, serius, dan sungguh-sungguh, karena tantangan Muhammadiyah kedepan sangat besar dan berubah-ubah terus, mengingat zamannya yang terus berubah juga. Saat ini kita sedang membangun AUM Kes, maka perlu disupport terus oleh jama’ah sekalian, baik support dalam bentuk materi maupun non materi,” ungkap Arifin selaku Ketua PCM Sirampog.

Hal yang sama juga disampaikan pembicara, “Bahwa kita sebagai warga Muhammadiyah untuk tidak bosan ngaji atau mengikuti pengajian, karena salah satu ciri Ranting atau Cabang hidup itu ada pengajian, baik pengajian umum, khusus, pimpinan atau pengajian-pengajian yang lain yang sifatnya agar kita itu serius dan bersungguh-sungguh dalam Muhammadiyah,” Ucap Agus Taufiqurrahman.

Dalam Ceramahnya menyebutkan ciri Gerakan Muhammadiyah. Pertama, bahwa apapun gerak amal Muhammadiyah harus pro duafa, menolong yang lemah, karena Perihal tolong-menolong menjadi ajakan utama yang diulang-ulang dalam Al-Qur’an maupun hadits. Sebagaimana Rasulullah saw, bersabda:

Baca Juga:  Roadshow Pemulihan Ekonomi di Karangjambu, Bentuk Dukungan Kepada Pelaku UMKM

Artinya: Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda, “….. Allah senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya” (HR Muslim).
Dari hadits tersebut dinyatakan Allah akan memberi balasan setimpal bagi siapa saja yang membantu orang-orang yang dalam sedang dalam kesulitan. Allah pun berjanji akan memudahkan dan menolong orang yang mau menolong hambanya.

Menolong kepada siapa saja yang membutuhkan, tidak harus melihat agama, suku atau ras mereka, karena spirit gerakanya adalah Rahmatan lil alamain.Kedua, bahwa dalam gerakan Muhammadiyah adalah prinsip kasih sayang dan welas asih terhadap sesama ummat manusia, dan pelayanan-pelayanan yang dilakukan oleh AUM Kesehatan, Pendidikan atau yang lain, baik yang berada di Ranting, Cabang atau Daerah harus berlandaskan syariat agama islam, karena jika berlandaskan syariat maka akan memberikan  pelayanan yang terbaik.

Baca Juga:  Cak Imin Sentil Sosok Menteri dengan Sebut Merek Minuman Yakult

“Untuk menjaga anugerah Allah yang sungguh luar biasa ini, dengan kita BerMuhammadiyah di Ranting atau Cabang dengan gembira dan Bahagia itu bagian anugerah Allah, kitab isa hadir pengajian ini dengan berbondong-bondong juga bagian dari anigerah Allah, maka mari kita rawat dan pupuk dengan sebaik-baiknya, jaga juga masjid kita agar menjadi masjid yang Makmur dan memakmurkan,” Ujar pesan Agus Taufiqurrahman.

Sebagai bentuk semarak kegiatan tersebut, acara ini diramaikan dan dimeriahkan dengan bazar kuliner dari PRNA Manggis, PRM Kaligiri, MEK PCM Sirampog dan masyarakat umum. Kegiatan lain adalah cek kesehatan gratis dari RSUMSA Bumiayu  dan PK  IMM FIKES UMP, pembuatan dan pembaharuan KTAM on the spot serta  pembagian 1000 porsi gratis dari PRPM Manggis & Kalker Outbond untuk para jam’ah. Akhir acara pengajian ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh ayahanda Ahmad hambali, selaku sesepuh Muhammadiyah Cabang Sirampog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *