Hal Penting Sebelum Ikut Tes Masuk Akpol

Pendidikan60 Dilihat

Fordem.id – Sekolah kedinasan merupakan salah satu sekolah yang banyak diminati di Indonesia, seperti salah satu contohnya sekolah kedinasan Akademi Kepolisian atau Akpol.

Tak dapat dipungkiri, memang sekolah kedinasan menawarkan masa depan yang lebih terjamin. Pelajar yang telah lulus dari sekolahan, akan langsung mendapatkan pekerjaan dari lembaga pemerintah yang menaunginya.

Selain itu, sekolah kedinasan juga gratis bagi peserta yang lolos seleksi. Makanya banyak orang yang tertarik masuk sekolah kedinasan.

Hal Penting Sebelum Ikut Tes Masuk Akpol

Persiapan merupakan salah satu kunci sukses untuk melakukan sesuatu hal. Bahkan ada salah satu pepatah yang mengatakan bahwa persiapan adalah kunci dari keberhasilan.

Baca Juga:  PPMTQ Daarussalaam Slinga Purbalingga Langsungkan Program GDS

Persiapan ini bisa diartikan berbagai macam, seperti persiapan belajar materi tentang kisi-kisi soal tes dan persiapan dari segi fisik agar dapat lolos.

Belajar kisi-kisi materi tes hal wajib yang haru dilakukan, seperti kita ketahui proses seleksi di Akpol dibagi menjadi beberapa tahapan. Untuk tahap tes sendiri terdiri dari tes psikologi, tes akademik yang menggunakan sistem CAT, tes pengetahuan umum, tes wawasan kebangsaan, bahasa Indonesia dan Matematika.

Dengan mempelajari pengetahuan tentang tes yang akan dilaksanakan, membuat kita siap untuk mengikuti proses seleksi.

Baca Juga:  Sebelum Tes TOEFL, Ini Hal Penting yang Perlu Disiapkan

Seleksi masuk Akpol tidak hanya memerlukan otak yang encer, tetapi juga harus memiliki ketahanan fisik yang bagus. Tes fisik juga akan dilakukan dalam tahap seleksi, yaitu dalam tes kesamaptaan jasmani.

Jadi perlu persiapan fisik agar memperbesar peluang lolos. Persiapan bisa dilakukan dengan olahraga rutin yang meliputi lari, pull up, sit up, shuttle run, push up dan renang. Peserta juga diwajibkan bisa berenang jika ingin masuk Akpol.

Kemudian tes fisik lainnya adalah pengecekan kesehatan tubuh. Peserta harus memiliki berat dan tinggi badan yang ideal.

Selain itu juga ada pemeriksaan mata, gigi, telinga dan sebagainya. Gigi berlubang juga menjadi salah satu poin dalam pemeriksaan tes, jadi jika memiliki gigi berlubang segera ditambal atau dicopot.

Baca Juga:  Tips Lolos Tes TOEFL dengan Skor Tinggi

Jadi perlu dipersiapkan fisiknya secara matang untuk memperoleh hasil yang maksimal dan memperbesar peluang lolos seleksi.

Materi-materi tes masuk Akpol dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proses seleksi, bisa anda dapatkan dengan mengikuti bimbel Akpol terbaik.

Untuk mencari program bimbel, bisa melalui mesin pencarian Google atau lewat rekomendasi dari kerabat atau teman yang pernah mengikuti. Selain itu, belajarlah dari seseorang yang pernah lolos seleksi Akpol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *